Beberapa Jenis Peralatan Gudang yang Wajib Ada

Ada beberapa jenis peralatan gudang yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian besar orang. Apabila berbicara tentang gudang, pasti yang terlintas di kepala hanyalah rak penyimpanan.

Padahal di dalam sana ada banyak sekali peralatan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Tidak hanya sebuah rak penyimpanan saja. Namun ada juga perlengkapan pengangkutan seperti crane dan sebagainya.

Tentu saja, adanya berbagai macam peralatan di sana untuk mempermudah pekerjaan para karyawan. Salah satunya adalah untuk mempermudah staf menemukan persediaan yang dibutuhkan dengan cepat.


Rekomendasi Beberapa Jenis Peralatan Gudang

Seperti telah dibahas sebelumnya, di dalam sebuah gudang terdapat berbagai macam peralatan, tujuannya untuk mempermudah pekerjaan. Berikut ini beberapa peralatan yang wajib ada di sana, antara lain seperti :

1.     Konveyor

Konveyor merupakan jenis peralatan gudang pertama yang wajib ada. Konveyor berfungsi untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Konveyor sering ditemukan di gudang penyimpanan bahan baku.

Untuk memindahkan bahan baku dari gudang ke area produksi. Tidak hanya itu, Konveyor juga dapat digunakan untuk hal lain seperti pemindahan barang dari gudang ke tempat packing dan sebagainya.

Ada beberapa contoh dari Konveyor yang perlu Anda ketahui, antara lain seperti automotive conveyor, gravity roller conveyor. Vertical conveyor, belt conveyor, vertical conveyor dan masih banyak lagi lainnya.

2.     Perlengkapan Dock penerimaan serta pengiriman

Apabila peralatan dan perlengkapan Dock keliru, dapat menimbulkan risiko besar bagi para karyawan. Karena Dock adalah area pertemuan antara proses penerimaan dan juga pengiriman, keamanan harus menjadi prioritas utama.

Oleh sebab itu, mempunyai perlengkapan komplit saja belum cukup. Anda juga harus memastikan bahwa seluruh perlengkapannya berkualitas agar proses penerimaan serta penyerahan barang berjalan lancar.

Ada beberapa contoh dari perlengkapan Dock penerimaan dan juga pengiriman. Di antaranya seperti ramp, papan dock, dock leveler, dock lift dan masih banyak lagi lainnya.

3.     Perlengkapan pengangkutan

Jenis peralatan gudang berikutnya adalah perlengkapan pengangkutan yang terdiri dari berbagai tipe. Fungsinya untuk menunjang proses pengangkutan dan juga penyimpanan barang. Contohnya seperti service cart, hand truck, crane dan sebagainya.

Apabila mesin bermasalah, tidak hanya penanganan barang saja yang mengalami kendala. Namun risiko dari munculnya kerusakan juga akan lebih besar. Maka dari itu, mesin diusahakan jangan sampai bermasalah.

4.     Perlengkapan pengemasan

Perlengkapan pengemasan merupakan jenis peralatan gudang selanjutnya yang wajib ada. Dalam proses pengemasan tidak hanya melibatkan kegiatan pembungkusan produk saja. Namun juga pembuatan desain wadah pengemasan.

Yang bisa melindungi produk dan juga mudah untuk dihandle. Oleh sebab itu, perlengkapan pengemasan memainkan peran penting dalam proses pengiriman barang agar lebih hemat waktu dan tenaga.

Contoh dari perlengkapan pengemasan antara lain seperti lakban, mesin pembungkus, timbangan pabrik dan sebagainya. Tidak hanya banyak, namun kebutuhan perlengkapan pengemasan gudang ini juga membutuhkan biaya cukup banyak.

5.     Perlengkapan penyimpanan

Jenis peralatan gudang berikutnya adalah perlengkapan penyimpanan. Sesuai namanya, perlengkapan ini dibutuhkan di semua gedung penyimpanan. Fungsinya untuk menyimpan barang persediaan dan juga bahan baku.

Tujuannya guna memastikan penggunaan kapasitas penyimpanan gudang secara optimal dan juga efisien. Selain itu juga untuk melindungi persediaan dan juga mempermuda staf menemukan persediaan yang dibutuhkan dengan cepat.

Contoh perlengkapan penyimpanan ialah seperti rak dengan berbagai macam pilihan jenis, ukuran, dimensi, dan bentuk yang beragam. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan barang yang ingin disimpan.

Segala perlengkapan yang ada di dalam gudang, pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mempermudah pekerjaan. Jadi, kini Anda sudah mengetahui jenis peralatan gudang apa saja yang wajib ada.


Beberapa Jenis Material Handling, Anda Perlu Tahu