Berikut Jenis Pergudangan Modern yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa jenis pergudangan modern yang perlu Anda kenali apabila ingin menggunakannya. Jadi bagi Anda para pelaku usaha kenali apa saja yang sekarang paling sering dipakai.


Pada dasarnya di Indonesia ada berbagai jenis namun yang paling sering digunakan ada dua tipe yaitu cross dock dan public. Mengapa keduanya paling sering dipakai karena memang sangat cocok pada iklim logistik dalam negeri.

Sehingga jenis pergudangan modern ini paling umum ditemukan di Indonesia dalam sebuah rantai logistik. Kita akan menggali lebih dalam keduanya agar Anda memiliki insight terhadap perdagangan tersebut.

Kita akan bedah seperti apa mereka beroperasi dan apakah memang itu menjadi kebutuhan dasar Anda. Tentu hal tersebut dapat menjadi perhitungan ketika hendak mendirikan atau membuat kontrak.

Jenis Pergudangan Modern Cross Dock

Istilah cross dock sendiri sudah cukup kuno, sekarang lebih dikenal dengan distribution center. Jadi posisi cross dock ini adalah sebagai penghubung langsung antara freighter dengan target distribusi.

Ketika menggunakan jenis pergudangan modern cross dock pengirim barang akan menjadi lebih murah. Hal tersebut disebabkan oleh handling cost pada barang semakin sedikit karena langsung diolah pada warehouse.

Manajemen administrasi juga akan menjadi lebih rapi karena kontrol keluar masuk item menjadi satu arah. Ini akan memungkinkan pelacakan menjadi lebih mudah dan mengurangi potensi penyelundupan.

Adanya sistem cross dock sendiri awalnya hanya digunakan untuk jalur air saja, namun implementasi modern lebih universal. Ini menjadi salah satu sistem paling sering digunakan di Indonesia karena cocok dengan negara kepulauan.

Di mana barang harus sering keluar masuk pergudangan sebelum sampai pada alamat pengiriman. Ini adalah salah satu cara agar para pengelola tidak terlalu sulit dalam mengelola sirkulasi logistik.

Karena perjalanan item dikelola oleh pergudangan jadi freight tidak perlu repot melakukan handling lagi. Jadi ada tiga titik yang menjadi poin utama yaitu freight, warehouse, dan receiver.

Fleksibilitas dan simplisitas tersebut menjadikan jenis pergudangan modern cross dock menjadi sangat populer di Indonesia. Dengan banyaknya pulau dan sirkulasi barang sangat deras ini menjadi solusi terbaik.

Anggaran untuk melakukan pengiriman atau penerimaan barang menjadi relatif berkurang dan semakin cepat. Untuk implementasi jangka panjang ini juga cukup menguntungkan dan memberikan kemudahan.

Mengenal Lebih Jauh Jenis Pergudangan Umum

Pergudangan umum atau public warehouse menjadi salah satu solusi bagi para pemilik usaha kecil menengah dalam distribusi logistik. Jadi public warehouse ini tidak dikelola oleh perusahaan terkait produksi.

Ada sendiri perusahaan atau perorangan yang mengelola gudang tersebut untuk digunakan dalam roda distribusi. Salah satu keunggulan ketika menggunakan public warehouse adalah kita tidak perlu mengelola sendiri.

Sudah ada pengelola khusus yang akan melakukan handling baik sending atau receiving item terkait. Ini merupakan sebuah kemudahan besar bagi perusahaan yang skalanya masih relatif kecil.

Di mana mereka rata-rata belum mampu membuat sebuah rantai pergudangan sendiri. Sehingga jenis pergudangan modern seperti itu bisa menjadi sarana jangka pendek untuk mengurangi cost.

Tidak jarang sistem seperti ini juga digunakan oleh perusahaan besar yang membuka cabang baru. Di mana aspek keterjangkauan masih sulit diperoleh untuk membuka gudang baru di daerah terkait.

Dengan adanya public warehouse seperti ini kita bisa menjadi mudah dan lebih sederhana dalam rantai logistik. Perusahaan kecil tidak perlu memiliki spesialisasi dalam handling item terlalu dalam.

Dua jenis tadi merupakan yang paling populer di Indonesia sampai sekarang. Karena sudah ada jenis pergudangan modern seperti itu Anda bisa menjalankan roda perdagangan secara lebih optimal.


Pentingnya Penentuan Lokasi Gudang dalam Ekosistem Logistik