Cara Menjaga Keamanan Gudang Sistem Logistik Berikut Ini

Keamanan gudang sistem logistik harus menjadi perhatian karena gudang merupakan tempat penting yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. Saat sistem keamanan berjalan dengan baik, maka kegiatan dalam pabrik tidak akan terganggu.

Gudang sebagai tempat penyimpanan dan sebagainya. Anda akan menemukan berbagai barang dalam gudang, mulai dari bahan baku hingga siap diditribusikan ke berbagai tempat.

Dengan ini, tidak dapat dipungkiri, bawa gudang adalah bagian penting dalam kegiatan logistik. Untuk itu, keamanan gudang sistem logistik harus diutamakan. Penerapan sistem keamanan dalam pekerjaan akan memenuhi etos-etos kerja.


Cara Menjaga Keamanan Gudang Sistem Logistik

Penerapan rencana keselamatan harus betul-betul diperhatikan dalam gudang. Jika terlaksana dengan baik, maka akan menjadikan kegiatan lebih aman dan terhindar dari berbagai macam risiko. Ini dia beberapa cara yang bisa diterapkan.

1.       Penyediaan Alat-Alat

Dalam sebuah gudang harus tersedia peralatan untuk keselamatan. Selalu sediakan peralatan seperti lift hidrolik. Alih-alih menggunakan tenaga manusia menggunakan peralatan sejenis akan mencegah cedera punggung pada karyawan dan menjaga keamanan gudang sistem logistik.

2.       Keamanan Kendaraan

Dengan penggunaan kendaraan pengangkat seperti truk pengangkat dan sejenisnya harus menjadi perhatian agar tidak terjadi risiko cedera. Pastikan ipreator yang menjalankan kendaraan tersebut memahami tentang batas kecepatan dan dapat mengemudi dengan baik.

3.       Menggunakan Pakaian yang Tepat

Dalam gudang, akan ada mesin-mesin besar dan peralatan lainnya. Untuk itu, pakaian kesalamatan harus disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya atau menerapkan standar di dalamnya. Lebih baik menggunakan pakaian pelindung khusus, helm, kacamata, masker dan sebagainya.

4.       Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal di luar kendali. Selalu periksa keadaan kabel-kabel dalam ruangan. Selain menjadi bagian keamanan gudang sistem logistik untuk karyawan, pemeriksaan rutin akan menjaga performa mesin.

5.       Mengisi Rak Sesuai Kapasitas

Anda perlu memperhatikan pengisian rak dalam gudang. Jangan sampai menumpuk bahan dengan over kapasitas yang tentu akan menjadi masalah besar. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai hal seperti rak yang runtuh.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan sangat berbahaya jika ada karyawan yang sedang berada di bawah rak tersebut. Untuk itu, sesuaikan kapasitas rak dengan banyaknya bahan tersebut.

6.       Memberikan Pelatihan

Dalam gudang harus ada staf yang dapat melakukan pelatihan mengenai proses keselamatan untuk menjaga keamanan gudang sistem logistik. Dengan ini, karyawan lainnya akan lebih terbuka dan memahami tentang keselamatan dan akan mengikuti prosedur di dalamnya.

Anda bisa menerapkan pelatihan rutin seperti latihan dalam menghadapi kebakaran. Pastikan untuk selalu memeriksa alarm kebakaran dan lampu darurat untuk evakuasi. Siapkan rencana evakuasi darurat yang aman untuk setiap pekerja,

7.       Menandai Zona Bahaya

Selanjutnya adalah memberikan penanda untuk zona-zona berbahaya dalam ruangan. Berikan label atau penanda pada rak, peralatan atau bahan agar tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaan dan untuk menghindari cedera. Jangan lupa untuk menandai rute darurat guna menjaga keamanan gudang sistem logistik.

8.       Melakukan Peringatan

Pada saat ada mesin-mesin akan lewat di dekat pekerja, maka penting untuk memberikan peringatan dahulu tentang hal tersebut. Ini dapat membantu menurunkan tingkat kecelakaan karena adanya tenda peringatan sebelumnya.

9.       Sistem Ventilasi

Sistem ventilasi sangat penting dalam suatu ruangan. Namun, hal ini kadang disepelekan padahal sirkulasi udara yang baik akan mencegah asap terperangkap dalam ruangan. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem tersebut adalah dengan pemasangan kipas angin.

Dengan penerapan sistem keamanan tersebut akan menjadikan risiko cedera pada karyawan mengalami cedera serius. Dengan memperhatikan landasan sistem logistik ini maka akan memastikan keamanan gudang sistem logistik.


Jenis-Jenis KPI Landasan Sistem Logistik Berikut Ini