Inilah 4 Model Tata Letak Gudang yang Bisa Diterapkan

Desain tata letak gudang atau layout sebaiknya dibuat dengan tidak asal atau sembarangan, pertimbangkan efisiensinya. Sebab, tata letak akan berhubungan dengan kelancaran seluruh kegiatan dalam gudang, mulai dari penerimaan, penyimpanan serta pengiriman barang.

Perancangan layout bertujuan untuk memperoleh biaya penanganan gudang terbaik. Luas serta volume ruangan harus bisa dimanfaatkan secara maksimal supaya pengeluaran anggaran lebih efisien.

Layout yang baik akan mempermudah kinerja karyawan karena ruang gerak efektif, sehingga kegiatan berjalan dengan lebih lancar. Ada berbagai jenis model tata letak bisa Anda terapkan sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut.


Inilah 4 Model Tata Letak Gudang yang Bisa Diterapkan

Bagi pebisnis pemula atau yang masih berencana merintis, biasanya terkendala dengan model layout untuk warehouse mereka. Bila Anda termasuk salah satunya, berikut terdapat 4 model tata letak gudang bisa dijadikan referensi untuk diterapkan, yaitu meliputi:

1.     Dedicated Storage

Model pertama adalah dedicated storage atau biasa juga disebut dengan penyimpanan tetap. Untuk setiap produk, sudah ditetapkan titik mana sajakah yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan khusus.

Bila ingin menerapkan model ini, Anda perlu memahami terlebih dahulu luas area gudang yang ada. Jadi, kebutuhan area untuk menyimpan produk bisa ditentukan seberapa besar luasnya.

Gunakan area warehouse secara maksimal supaya biaya penangannya lebih hemat. Melalui model ini, Anda akan mudah mengetahui lokasi barang disimpan. Kekurangannya, Anda tidak bisa menggunakan satu ruang untuk produk dengan jenis berbeda.

2.     Shared Storage

Model tata letak gudang berikutnya adalah shared storage yang isinya berupa produk berbeda pada ruang penyimpanan sama. Jadi, proses klasifikasi penyimpanannya berdasarkan durasi atau lama produk disimpan.

Anda perlu mengetahui kapan barang masuk dan akan keluar bila menerapkan model ini. Jadi, nantinya lokasi penempatan produk bisa disesuaikan dengan tempatnya. Shared storage cocok bagi Anda yang ingin mengurangi kebutuhan terhadap ruang simpan.

3.     Class Based Dedicated Storage

Layout jenis Class based dedicated storage hampir sama dengan penyimpanan tetap atau dedicated storage. Pembedanya terletak pada pembagian klasifikasi yang disesuaikan oleh parameter tertentu.

Tidak harus satu jenis barang saja yang bisa menempati lokasi penyimpanan tertentu. Jadi, tinjauannya lebih kepada klasifikasi barang dalam warehouse. Sangat memungkinkan beberapa jenis produk berbeda ada dalam satu ruangan.

Walaupun jenisnya berbeda, tata letak gudang jenis ini tetap memperhatikan kelasnya. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan keleluasaan atau fleksibilitas dalam penyimpanan barang, namun tetap rapi.

4.     Randomized Storage

Layout gudang terakhir adalah model randomized storage. Sifat dari model ini relatif random, sehingga penyimpanan barang kurang teratur. Ada kemungkinan produk lokasi penyimpanannya berpindah dari ruangan satu ke yang lain.

Untuk randomized storage, biasanya metode penyimpanan yang dipakai adalah dengan memperhatikan jarak paling dekat dari area pengambilan. Layout ini kurang efektif karena saat barang harus dipindahkan karyawan akan kesulitan disebabkan oleh lokasi acak.

Apalagi bila jumlah alokasi barangnya berjumlah banyak dengan beragam jenis. Tentu waktu untuk proses pencarian serta pengambilan produk menjadi lebih lama. Jadi, bisa dikatakan tata letak gudang model ini kurang efisien waktu serta tenaga.

Selain itu, randomized storage juga dianggap kurang efektif dari aspek keamanan. Tidak heran bila konsep tata letak jenis ini jarang dipakai oleh para pengelola gudang. Bila keamanan tidak terjaga dengan baik, maka risiko timbulnya kerugian juga akan terancam.

Anda bisa memilih jenis tersebut sesuai kenyamanan dan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan luas gudang yang dimiliki. Setiap model tata letak gudang memiliki kemudahannya masing-masing.


Fungsi dari Sistem Manajemen Gudang Bagian Penting Bisnis