Jenis-Jenis KPI Landasan Sistem Logistik Berikut Ini

KPI landasan sistem logistik termasuk dalam hal manajemen dalam bidang ini. Dengan adanya KPI dalam bidang logistik ini berguna dalam melakukan prosedur perbaikan untuk menjadikan kinerja perusahaan lebih efektif fan efisien.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu memerlukan data yang dijadikan sebagai landasan kinerja perusahaan. Adapun landasan tersebut disebut sebagai Key Performance Indicator (KPI).

KPI ini dinilai sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dengan penggunaan indikatornya akan mengetahui dengan mudah kinerja perusahaan. Tidak ketinggalan digunakan KPI landasan sistem logistik yang menjadikan perusahaan lebih memiliki etos kerja.


Jenis KPI Landasan Sistem Logistik

Menjalankan sebuah bisnis tentu memerlukan solusi pada saat mendapatkan kendala dalam prosesnya. Dengan adanya KPI dapat menjawab dan menjadi solusi untuk perusahaan agar dapat melakukan perbaikan untuk mencapai targetnya.

1.       Utilisasi Truk

Utilisasi truk akan memberikan gambaran mengenai tingkat efektifitas dari tim gudang. Pada dasarnya setiap truk yang tidak termasuk dalam utilisasi maka aka nada biaya yang harus dibayarkan sebagai bagian KPI landasan sistem logistik.

Untuk menentukan indicator ini data didapatkan dari perbandingan muatan, berat dan volume barang dengan daya tampung truk. Jika tingkat utilisasi truk memiliki presentase tinggi maka akan semakin bagus load plan dilaksanakan.

Adapun manfaat dari utilisasi truk adalah untuk memahami performa utilisasi per sitenya dan per destinasinya. Selain itu, untuk memahami frekuensi shipmen pada kapasitas minimum pengiriman.

2.       Pengiriman Tepat Waktu

KPI landasan sistem logistik selanjutnya adalah mengenai pengiriman tepat waktu sampai ke tangan konsumen. pemilik barang harus memiliki rencana mengenai estimasi waktu sampainya barang ke penerimanya.

Dalam sistem ini terdapat sistem dokumen PO dengan jangka waktu tertentu. Pada saat terjadi keterlambatan pengiriman, maka dokumen ini akan kadaluwarsa. Sehingga, pengiriman dapat dibatalkan jika melewati waktu yang ditentukan.

Dengan adanya kendala keterlambatan pengiriman tentu akan mengakibatkan proses muatan secara keseluruhan. Untuk itu, memonitor indikator yang harus memastikan proses tetap sesuai rencana awal.

3.       Pengantaran

Dalam bidang logistik, kepuasan pelanggan harus menjadi hal utama. Untuk itu, KPI landasan sistem logistik mengenai waktu pengantaran harus menjadi perhatian besar. Saat terjadi keterlambatan maka akan mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan kepada perusahaan.

Setiap perusahaan perlu melakukan perbaikan mengenai keterlambatan jika terjadi. Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan keterlambatan adalah waktu pengiriman, transportasi dan force majeure.

4.       Biaya

Pembiayaan dalam logistik adalah indicator yang menjadi perhatian. Perusahaan harus mampu melakukan analisis mengenai pembiayaan yang dilakukan. Apakah biaya yang dikeluarkan telah efisien dan efektif untuk perusahaan.

5.       Penyedia Armada Transportasi

KPI landasan sistem logistik berikutnya adalah penyedia armada transportasi. Perusahaan dapat melakukan analisis mengenai penyedia transportasi berapa banyak yang menerima dan berapa yang menolak kerja sama.

Dengan mengetahui hal tersebut, pihak perusahaan mampu mengevaluasi bisnisnya dan dapat memilih mitra yang diajak kerja sama. Selain itu, perhatikan juga lamanya konfirmasi sebuah penyedia atau shipment transportasi.

6.       Performa Transportasi

Selanjutnya untuk mencapai KPI ideal adalah memastikan penyedia transportasi yang diajak bekerja sama dapat memenuhi persyaratan. Dengan ini, maka konsumen akan merasa percaya dan berdampak baik pada pemilik perusahaan logistik tersebut. Adapun faktor untuk menentukan performa penyedia transportasi seperti pengiriman tepat waktu, pelayanan dan sebagainya.

Memiliki standar KPI untuk perusahaan adalah hal yang perlu diperhatikan untuk memajukan perusahaan. Tidak ketinggalan dalam bidang logistik, indicator ini harus dicapai. Dengan menerapkan KPI landasan sistem logistik di atas akan membantu perkembangan perusahaan.


Manfaat Otomatisasi Landasan Sistem Logistik Wajib Diketahui