Mengenal Jenis Cross Docking, Kekurangan, dan Kelebihannya

Ada beberapa jenis cross docking yang cukup umum digunakan dalam pengiriman barang hingga sampai ke konsumen. Pengertiannya sendiri adalah manajemen logistik ketika produk yang baru dibongkar langsung disortir dan kemudian dimuat ke kendaraan lain.

Kendaraan lain yang telah menunggu untuk mengangkut produk yang telah disortir sendiri akan mengantarkan barang hingga ke tujuan selanjutnya. Dengan proses cross docking ini, proses penyimpanan gudang hanya sebentar sehingga lebih hemat waktu dan uang.

Salah satu jenis proses logistik ini sendiri memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan metode lainnya. Oleh sebab itu produsen perlu mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan pengiriman agar bisa dilakukan lebih efisien.


Mengenal Jenis Cross Docking, Kekurangan, dan Kelebihan

Penting bagi Anda untuk mengenal terlebih dahulu mengenai jenis cross docking sebelum menggunakan cara ini dalam pengiriman hasil produksi. Dengan demikian, Anda juga akan mengetahui kekurangan maupun kelebihan metode ini seperti penjelasan berikut.

1.     Tipe Cross Docking

Secara umum, jenis cross docking terbagi atas lima tipe yang berbeda. Pertama adalah Transportation Cross Docking yaitu dengan memuatan sejumlah pengiriman dengan ukuran lebih kecil serta dikombinasi dengan muatan besar agar lebih efisien.

Selanjutnya ada manufacturing cross docking yaitu proses menerima produk masuk serta yang telah dibeli untuk kebutuhan manufaktur. Sementara itu Retails Cross Docking melibatkan penerimaan produk lebih dari satu vendor lalu digabungkan dalam kendaraan.

Distributor Cross Docking merupakan kombinasi berbagai produk berbeda lalu dijadikan satu pengiriman pada konsumen. Terakhir adalah Opportunistic Cross Docking dimana produk dipindah secara langsung dari dok pengiriman masuk ke pengiriman keluar.

2.     Kelebihan

Cukup banyak orang menggunakan jenis cross docking tidak terlepas dari berbagai kelebihan serta keuntungan yang diperoleh perusahaan. Beberapa kelebihan misalnya rantai pasokan lebih efisien karena tidak ada proses penyimpanan di gudang dalam waktu lama.

Karena penyimpanan gudang tidak lama, maka biaya pergudangan juga dapat terpangkas. Ini juga termasuk dengan biaya-biaya lainnya seperti inventaris maupun kebutuhan untuk penyimpan persediaan produksi.

Jenis ini juga bisa meminimalisir risiko kerusakan inventaris karena tidak membutuhkan waktu penyimpanan di gudang. Bahkan beberapa produsen memilih untuk tidak menyimpannya di warehouse sama sekali.

Perputaran dari produk juga akan meningkat sebab produk dipindahkan dengan waktu cepat kemudian langsung didistribusikan. Profit bisnis nantinya akan meningkat karena lebih efisien dalam mengirimannya.

Menggunakan metode ini juga akan membuat produk lebih cepat sampai ke distributor maupun pengecer. Terakhir adalah kesediaan produk akan tepat waktu sehingga kepuasan dari konsumen akan semakin meningkat.

3.     Kekurangan

Meskipun jenis cross docking memiliki cukup banyak keuntungan, namun juga ada beberapa kerugian jika menggunakannya. Oleh sebab itulah beberapa distributor lebih memilih metode lain karena lebih sesuai dengan jual-beli yang dilakukan.

Kekurangan pertama adalah metode ini sangat bergantung dengan transportasi yang mengangkut karena barang-barang tersebut tidak disimpan dalam warehouse. Ini akan membuat jumlah operator pengangkut harus lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan.

Selanjutnya, jenis ini membutuhkan pemasok handal sekaligus terpercaya agar fasilitas pengiriman sendiri berjalan dengan efektif. Hal ini tidak terlebas dengan keakuratan serta ketepatan waktu dari pemasok agar sesuai dengan pesanan pelanggan.

Terakhir adalah layanan menggunakan jalur laut atau lintas dermaga membutuhkan koordinasi sekaligus perencaan yang menyeluruh serta mendalam. Menggunakan metode ini perlu koordinasi pemasok mengenai jadwal pengiriman, analisi permintaan, dan sebagainya.

Mengirimkan barang dari produsen ke konsumen bisa melalui berbagai metode. Salah satu metode paling umum adalah jenis cross docking karena memiliki banyak kelebihan meskipun ada beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan.


Proses Pengiriman Logistik dan Metode yang Digunakan