Pentingnya Nilai Tambah Layanan dalam Manajemen Gudang

Saat menjalankan bisnis, memberikan nilai tambah layanan menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan dan mempertahankan bila mereka sudah menggunakan produk Anda.


Hal ini juga berlaku juga dalam manajemen gudang. Gudang atau warehouse merupakan tepat untuk menyimpan barang dalam kurun waktu sementara. Biasanya di dalam gudang tidak ada proses operasi barang.

Kegiatan yang secara umum terjadi adalah transportasi barang, dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Terkait alasan pentingnya layanan nilai tambah atau value added service dalam manajemen gudang, akan dibahas secara lebih lengkap pada uraian berikut.

Pentingnya Nilai Tambah Layanan dalam Manajemen Gudang

Nilai tambah layanan mempunyai beragam bentuk, menyesuaikan dengan jenis atau kegiatan bisnis yang dijalankan. Salah satu layanan yang biasanya diterapkan dalam manajemen gudang adalah packing atau repacking, yakni pengemasan ulang.

Hal ini akan dibutuhkan untuk perusahaan tertentu, salah satunya penyedia produk retail atau e-commerce yang akan mengirimkan barang langsung ke pelanggan. Proses mempersiapkan barang seringkali menjadi sebuah aktivitas yang memerlukan waktu cukup lama.

Jadi, hal yang penting menjadi perhatian bukan hanya pengiriman saja, tapi juga proses persiapan barang sebelum dikirimkan ke pelanggan. Aktivitas packing menjadi salah satu hal yang memerlukan banyak waktu dalam proses persiapan barang, apalagi bila volumenya besar.

Bayangkan bila proses packing dilakukan oleh penyedia jasa lain yang membuat Anda harus bolak-balik lokasi untuk mengirimkan barang, lalu mengambilnya kembali. Kemudian baru mengirimkan ke pelanggan, tentu menjadi metode yang tidak efektif waktu dan tenaga.

Inilah yang membuat nilai tambah layanan packing atau repacking akhirnya disediakan agar waktu pengiriman barang segera bisa dilaksanakan. Pastikan proses packing ini memberikan hasil akhir aman untuk mengurangi potensi kerusakan saat pengiriman.

Biasanya, agar produk lebih aman dari air maupun goncangan saat pengiriman, akan dilapisi bubble wrap. Sesudah dikemas rapi, tidak lupa juga diberikan label supaya informasi kepada siapa barang akan dikirimkan tertera jelas dan sampai tujuan ditangan tepat.

Keuntungan Menggunakan Layanan Nilai Tambah atau Value Added Service

Value added service ini bukan hanya menguntungkan pemilik gudang saja, tapi juga customer atau pelanggan. Bagi pemilik gudang, bisa segera mengirimkan barang milik costumer dengan kondisi rapi akan berdampak terhadap imbal balik positif dari pelanggan nantinya.

Selain itu, barang dalam gudang bisa segera restock kembali dan pemasukan akan meningkat. Berbeda bila proses pengiriman terlalu lama bahan berbelit, tentu menjadi kurang efisien yang akan berdampak terhadap biaya pengeluaran semakin besar.

Setiap perusahaan tentu menginginkan perolehan laba sebanyak-banyaknya, salah satunya melalui adanya nilai tambah layanan ini agar waktu persiapan barang lebih cepat. Jadi, proses perputaran uang akan lebih cepat dan biaya operasional lebih terjaga.

Sedangkan bagi pelanggan, hal paling ditunggu dari pengiriman adalah barang sampai secara tepat waktu dan kondisi baik. Bila value added service berkualitas, akan membuat pelanggan merasa puas dan akhirnya mempercayakan bisnis Anda kembali.

Seringkali pelanggan yang puas dengan bisnis Anda, secara tidak langsung akan merekomendasikan kepada orang lain, baik itu teman, keluarga maupun kerabat. Dampaknya, pelanggan baru bermunculan dan bagi pebisnis tentu momen ini sangat menguntungkan.

Penting diingat bahwa dalam menjalankan bisnis, citra atau reputasi perusahaan itu sifatnya sangat penting. Salah satu upaya membangun citra positif yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik.

Bisa dikatakan bahwa reputasi sebuah perusahaan berbanding lurus dengan perolehan pendapatan yang akan diterima. Jadi, semakin bagus reputasi perusahaan, salah satunya karena ada layanan nilai tambah layanan yang baik, profit akan berpotensi meningkat pesat.


Berikut Jenis Pergudangan Modern yang Perlu Diketahui