Pentingnya Penentuan Lokasi Gudang dalam Ekosistem Logistik

Ternyata penentuan lokasi gudang tidak boleh sembarangan karena memberikan pengaruh signifikan. Tempat warehouse perlu ditentukan secara optimal agar tidak terjadi bottlenecking dan distribusi logistik optimal.


Pada dasarnya ada dua aspek paling penting agar semua itu bisa tercapai yaitu sumber daya dan keterjangkauan. Ketika keduanya sudah dipenuhi maka kita bisa menentukan tempat terkait untuk operasional.

Detail penentuan lokasi gudang berdasarkan dua aspek tersebut tentu saja krusial dan bisa dijadikan sebagai landasan implementasi. Jadi kita akan bahas bersama seperti apa sebenarnya ketika diterapkan secara benar.

Bagaimana maksud dari keterjangkauan dan sumber daya sehingga kita tidak salah memilih tempat. Dua hal tersebut bisa kita jadikan sebagai acuan penting agar nantinya ekosistem logistik bisa berjalan optimal.

Penentuan Lokasi Gudang Berdasarkan Aspek Sumber Daya

Ketika melihat aspek sumber daya ternyata kita tidak boleh sembarangan mendirikan warehouse. Di sini poin paling penting adalah ketersediaan tenaga kerja dan kecukupan logistik pendukung.

Dari sisi tenaga kerja sendiri pastikan untuk memiliki pasokan secara optimal apabila memang masih menggunakan sistem manual. Hal seperti itu tentu saja sangat krusial apabila digunakan dalam jangka panjang.

Apakah jangkauan dari warehouse sendiri memang berada di tempat strategis atau tidak. Jadi penentuan lokasi gudang berdasarkan aspek sumber daya adalah hal pertama yang perlu kita lakukan.

Jadi pastikan ketika membangun sebuah warehouse ada tenaga manusia yang bisa dijadikan pekerja. Kemudian logistik pendukung juga perlu diperhitungkan agar manusia tersebut bisa bekerja secara optimal.

Apabila ketersediaan dari tenaga sudah tercukupi ini bisa dilakukan secara optimal dalam jangka panjang. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menentukan aspek sumber daya berikutnya.

  1. Cost

Harga akomodasi terhadap tenaga kerja tentu saja dipengaruhi oleh keterjangkauan dari lokasi tersebut. Sehingga Anda memang harus memastikan penentuan lokasi gudang secara optimal.

     2. Duration

Durasi juga perlu diperhitungkan karena kita memang harus memperhitungkan seberapa lama gudang tersebut dibutuhkan. Ini ada pengaruhnya terhadap jumlah tempat yang perlu dipasok.

Dengan adanya dua faktor tambahan tersebut sumber daya akan lebih optimal pengelolaannya. Jadi tidak hanya sekedar mendirikan saja kita juga perlu memperhitungkan bagaimana kedepannya.

Aspek Keterjangkauan Lokasi Warehouse dalam Rantai Logistik

Faktor keterjangkauan merupakan kunci utama yang membuat masalah bottleneck bisa kita cegah. Salah satu pokok penting yang menentukan keterjangkauan sebuah warehouse adalah dimana lokasinya.

Kita memang perlu melihat dalam rantai distribusi apakah lokasinya strategis atau tidak. Misalnya dekat dengan stasiun, bandara, atau pelabuhan sehingga keluar masuknya barang menjadi lebih cepat.

Ini merupakan posisi paling ideal dari sebuah warehouse jika memang hendak melakukan penentuan lokasi gudang. Namun ketika spot tersebut sudah terisi maka kita bisa menggunakan jalur lain yang tidak kalah potensial.

Salah satunya adalah menggunakan jalur nasional sebagai lokasi penempatan pergudangan. Mengapa keterjangkauan ini penting karena bisa membuat rantai distribusi berjalan lebih cepat baik masuk atau keluar.

Adanya keterjangkauan tersebut juga akan berdampak masif terhadap aspek lain seperti sumber daya. Manusia akan cenderung bermukim di tempat yang memang keterjangkauannya tinggi.

Jadi tempat seperti bandara, pelabuhan, dan terminal juga bisa menjadi salah satu faktor utama pendukung adanya sumber daya. Ini tentu akan memudahkan kita selaku pengelola untuk mendapatkan tenaga.

Apabila semua aspek tersebut sudah diperhitungkan maka Anda bisa membangun lokasi secara tepat. Memang penentuan lokasi gudang perlu dilakukan secara seksama agar tidak terjadi masalah seperti bottlenecking.


Pentingnya Manajemen Barang dan Pergudangan di Rantai Logistik