Pentingnya Proses Packing Warehouse Sebelum Pengiriman

Memperhatikan proses packing warehouse sebelum melakukan pengiriman barang sangat penting untuk dilakukan. Pabrik produksi akan mengirikan berbagai kebutuhan masyarakat ke toko, supermarket, pasar, dan lainnya.

Sebelum proses pengiriman ini, pengemasan perlu dilakukan dengan sebaik mungkin agar hasil produksi sampai ke pasar dengan keadaan baik dan masih layak dibeli. Sebab tidak jarang barang rusak ketika perjalanan karena kesalahan dalam mengemas.

Setiap barang memiliki karakteristik sendiri sehingga cara pengemasannya juga pasti akan berbeda. Oleh sebab itulah, proses ini memiliki persyaratan tersendiri agar sesuai standard sehingga kualitas dan keamanan produk tetap terjaga.


Ketahui Pentingnya Proses Packing Warehouse

Proses packing di warehouse adalah pembuatan tempat sesuai dengan kebutuhan barang yang akan dikirim dari gudang penyimpanan ke konsumen. Pengemasan sendiri sangat penting dilakukan karena beberapa alasan.

Pertama adalah untuk mencegah adanya kerusakan seperti pecah, mengalami kebocoran, dan lain sebagainya. Apalagi jika terjadi hal-hal tidak diinginkan, perusahaan dapar mengalami kerugian serta kestabilan bisnis menjadi terganggu.

Hal ini karena ketika barang yang sampai pada konsumen sudah tidak layak, maka harus dikembalikan lagi sehingga dapat diganti baru. Jika hal tersebut cukup sering terjadi, waktu dan biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak.

Selain itu, proses packing warehouse juga merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya logistik. Apalagi pergudangan membutuhkan biaya tidak sedikit seperti untuk menyewa bangunan, listrik, dan sebagainya.

Jika proses pengemasan dilakukan dengan efisien, bahan yang dihabiskan untuk kemasan tidak akan terlalu banyak. Selain itu, bahan yang tepat untuk karakteristik barang juga dapat memastikan produk aman sampai tujuan.

Syarat dalam Proses Packing Warehouse

Selain dilakukan dengan cara yang efisien, proses packing pada warehouse juga harus memenuhi persyaratan agar sesuai dengan standard keamanan pengiriman. Berikut adalah beberapa syarat ketika mengemas barang di gudang sebelum dikirim ke konsumen.

1.     Melindungi Barang

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika mengemas hasil produksi adalah memastikan jika kemasan bisa melindungi barang. Selain untuk menghindari kerusakan, langkah ini juga mengurangi risiko pencurian selama dalam perjalanan.

Untuk lebih aman dari pencurian, pengepakkan harus dibuat dengan anti-pendodosan sehingga tidak akan terjadi hal tersebut. Selain itu dapat juga membuat kemasan tampak memiliki bekas ketika terjadi pendodosan sehingga bisa langsung diketahui.

2.     Jenis Kemasan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya jika setiap barang memiliki karakteristik tersendiri sehingga penangangan pengemasan akan perbeda. Misalnya proses packing warehouse untuk produk makanan akan berbeda dengan produk lain seperti bahan-bahan bangunan.

Menurut standar operasional, hal ini merupakan poin penting untuk diperhatikan. Sebab salah dalam pengemasan juga bisa meningkatkan resiko kerusakan pada produk yang dikirim dan tidak layak lagi ketika sampai ke konsumen.

3.     Pengemasan Produk Cair

Seperti halnya produk lain yang memiliki karakteristik tersendiri, proses untuk packing warehouse juga berlaku untuk produk-produk cair. Produk-produk seperti ini sendiri biasanya dikemas dengan botol, jerigen, maupun drum.

Agar lebih aman, pengemasan harus dilakukan dengan kemasan plastik tebal di bagian luar. Selain itu, tambahan kemasan kardus juga penting sehingga produk berbentuk cair tersbut tidak banyak bergerak terutama ketika terjadi guncangan.

4.     Unitization

Proses packing warehouse juga tidak terlepas dari unitization, yaitu pengelompokan barang setelah pengemasan di gudang. Dengan pengelompokkan ini, maka proses pengiriman melalui armada dapat dilakukan secara efisien.

5.     Market Appeal

Selain perlu untuk memperhatikan keamanan serta perlindungan barang, pengemasan juga tidak jauh dari market appeal pengemasan. Market appeal sendiri adalah membuat pengepakkan lebih menarik di mata konsumen.

Pengiriman barang dari gudang menuju konsumen perlu dilakukan proses pengemasan terlebih dahulu agar sampai pada konsumen dengan aman. Oleh sebab itulah proses packing warehouse harus dilakukan sesuai dengan standard.


Proses Putaway Barang dalam Manajemen Gudang