Proses Pengemasan Gudang Barang Sebelum Pengiriman

Proses pengemasan gudang barang perlu melalui beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum siap untuk dikirimkan pada konsumen melalui armada. Proses-proses ini sendiri dilakukan untuk meningkatkan keamanan produk hingga tujuan.

Seperti telah diketahui bahwa setiap produk memiliki cara mengemas tersendiri serta menyesuaikan karakteristiknya. Dengan demikian, kemungkinan terjadi kerusakan produk dapat diminimalisir karena telah sesuai dengan standard dan ketentuan.

Sebuah warehouse juga perlu memperhatikan efisiensi ketika mengemas produk agar tidak terjadi berbagai permasalahan yang dapat mengganggu alur pasokan. Efisiensi juga dilakukan agar dapat menghemat waktu, tenaga maupun biaya.


Berikut Proses Pengemasan Gudang Barang

Ada beberapa langkah dalam proses pengemasan gudang barang penting untuk diketahui agar menambah efisiensi. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum hasil produksi dapat dikirimkan pada konsumen.

1.     Menerima Barang

Hal pertama yang dilakukan oleh pihak warehouse adalah menerima hasil produksi, ini juga merupakan proses yang cukup penting. Ketika menerima hasil produksi, maka perlu untuk melakukan verifikasi bahwa hasil produksi tersebut telah masuk dan sesuai dengan pesanan.

Ketelitian juga perlu dilakukan agar jumlah produk tidak kurang maupun lebih serta dalam kondisi baik. Perlu diketahui jika aktivitas penerimaan produk ini terjadi kendala, maka proses pengemasan gudang barang selanjutnya juga akan terganggu.

2.     Penyisihan

Langkah kedua dalam operasional warehouse adalah penyisihan atau disebut juga dengan put-away. Setelah hasil produksi diterima dan telah diverifikasi, maka selanjutnya akan dibawa ke dalam gudang dan diletakkan pada lokasi paling optimal.

Penyisihan produk sendiri dapat membuat penyimpanan lebih efisien serta lebih hemat waktu ketika pemindahan. Selain itu, keamanan dari staf gudang maupun hasil produksi juga lebih terjamin dan penggunaan ruang lebih optimal.

3.     Penyimpanan

Penyimpanan merupakan alur paling identik dengan operasional warehouse. Pada tahap ini hasil produksi ditempatkan pada ruang-ruang penyimpanan yang paling tepat dan sesuai sebelum selanjutnya melalui proses pengemasan gudang barang.

Jika penyimpanan dapat dilakukan dengan benar dan tepat, maka akan memberikan manfaat terutama dalam memaksimalkan penggunaan ruang dalam sebuah warehouse. Tenaga kerja atau staf gudang juga dapat bekerja lebih optimal.

4.     Picking Barang

Pada tahap pengambilan atau picking barang, staf gudang akan melakukan pengambilan produk yang tersimpan untuk dikumpulkan sesuai dengan pesanan dari konsumen. Tahap ini sendiri dilakukan sebelum proses pengemasan gudang barang.

Diantara tahapan lainnya, pengambilan produk memakan biaya paling banyak sehingga prosesnya harus di optimasi. Perlu adanya ketepatan tinggi agar produk yang diambil, kemudian dikemas dan dikirim benar-benar sesuai pesanan.

Picking barang juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan sebab bisa berpengaruh dengan kepuasan dari pelanggan. Jika barang tidak sesuai baik dalam segi produk maupun jumlahnya, maka penilaian pelanggan bisa berkurang.

5.     Pengemasan

Proses pengemasan gudang barang merupakan tahapan selanjutnya yang tidak kalah pentingnya. Ketika akan dikemas, produk harus telah diambil terlebih dahulu dari penyimpanan berdasarkan pesanan.

Prioritas utama dalam tahapan ini adalah memastikan produk telah aman dari berbagai guncangan sehingga dapat meminimalisir kerusakan selama perjalanan. Selain itu, pengemasan juga dilakukan agar dapat menghindari pembobolan.

Perlu adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam mengemas barang agar sesuai dengan standard ketentuan. Selain itu bahan yang digunakan untuk pengemasan juga harus cukup ringan agar tidak menambah bobot terlalu signifikan.

6.     Pengiriman

Terakhir adalah tahap pengiriman menuju konsumen melalui armada. Pengiriman dianggap telah berhasil ketika produk telah disortir, diangkut, serta diantar ke pelanggan ke tujuan yang tepat dan kondisi aman.

Barang yang tersimpan di sebuah warehouse perlu melewati berbagai tahapan sebelum dapat dikirim ke tujuan. Proses pengemasan gudang barang harus dilakukan dengan efisien dan tetap agar sampai pada konsumen tanpa kerusakan.


Pentingnya Proses Packing Warehouse Sebelum Pengiriman