Tips Menjaga Area Penyimpanan Barang di Gudang agar Aman

Area penyimpanan barang yang tertata dengan baik belum tentu aman bila pengoperasiannya tidak berhati-hati. Jadi, keduanya harus dilakukan secara seimbang, terutama untuk produk rentan rusak atau rapuh.

Ada berbagai tujuan produk disimpan dalam gudang. Salah satunya, supaya produk lebih mudah untuk dikelola, mudah ditemukan serta tertata rapi. Tujuan lainnya supaya kondisi, daya tahan serta kualitas produk lebih terjaga dan terpelihara.

Penting dipahami bahwa keamanan area penyimpanan produk di gudang akan berdampak terhadap mutu yang dihasilkan. Ada berbagai tips menjaga area ini yang bisa Anda lakukan seperti pada ulasan berikut.


Tips Menjaga Area Penyimpanan Barang di Gudang Agar Aman

Sebenarnya menjaga area simpan produk itu tidak hanya berdampak terhadap mutu saja, tapi juga mengurangi potensi terjadinya rugi. Ada beberapa tips menjaga area penyimpanan barang di gudang agar aman bisa Anda coba terapkan, antara lain:

1.     Perhatikan Segi Kualitas dari Pengemasan

Agar keamanan terjaga, perhatikan terlebih dahulu kualitas dari pengemasan sebelum disimpan. Bila perlu pakai kardus, kotak kayu, bubble wrap atau styrofoam sebagai pengaman tambahan.

Bila di dalamnya berisi produk mudah pecah, jangan lupa untuk memberikan label dengan keterangan khusus. Tujuannya agar saat pengambilan atau penyimpanan produk lebih berhati-hati.

2.     Perhatikan Peletakan Susunan Barang yang Bertumpuk

Tips selanjutnya menjaga area penyimpanan barang supaya aman yaitu perhatikan peletakan susunan bertumpuk. Anda bisa menyimpan produk dengan metode penumpukan supaya pemakaian ruangan di gudang semakin efisien.

Tapi, metode ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Anda harus memastikan bahwa produk tidak mengalami reaksi saat peletakannya saling berdekatan. Selain itu, pada bagian atas letakkan beban paling ringan.

Pertimbangkan kembali saat Anda ingin menumpuk produk pecah belah, apakah kira-kira akan aman atau sebaliknya. Jangan sampai alih-alih ingin lebih menghemat ruang malah mengalami rugi akibat barang rusak.

3.     Pakai Palet atau Tempat Simpan Terbaik

Bila Anda menggunakan palet dalam penyimpanan barang, sebaiknya gunakan yang berkualitas terbaik. Pastikan bahwa palet atau tempat simpan yang dipilih mampu menahan beban dengan kuat, apalagi untuk pemakaian bertumpuk.

Area penyimpanan barang menggunakan palet memang lebih efisien, namun perhatikan beberapa hal penting seperti letakkan pada permukaan datar. Sebagai upaya mengantisipasi produk jatuh, Anda bisa memasang jaring atau jala pada belakang rak.

Jangan lupa untuk menggunakan pengaman saat bekerja untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja karena berhubungan dengan benda yang berat. Dan jangan memanjatnya karena berpotensi membuat produk berjatuhan.

4.     Jangan Melakukan Penyimpanan Barang Bahaya Tanpa Izin

Supaya area penyimpanan aman, jangan menyimpan produk berjenis bahaya tanpa izin. Misalnya zat kimia mengandung bahan mudah terbakar, memiliki sifat korosif serta rentan meledak yang berisiko tinggi saat disimpan dalam warehouse.

Bila memang harus menyimpannya karena terpaksa dan sudah mendapatkan izin dari pihak terkait, aspek keamanan sebaiknya ditingkatkan. Siapkan juga peralatan khusus sebagai antisipasi bila ada hal buruk terjadi akibat benda berbahaya tersebut.

5.     Perhatikan Keamanan Saat Proses Pengambilan Barang

Tips terakhir menjaga keamanan area penyimpanan barang di gudang yang bisa dilakukan adalah perhatikan saat mengambil barang, lakukan dengan hati-hati. Kecelakaan sangat mungkin terjadi saat proses mengambil barang, terutama yang bobotnya besar.

Sebab, bila terjadi kecelakaan kerja pengaruhnya bukan hanya pada kualitas produk saja, tapi juga produktivitas. Bila memang produknya berat dan sulit diambil, menggunakan alat berat seperti forklift bisa menjadi pilihan.

Anda juga dapat menambahkan tambahan peralatan pengaman, misalnya seperti alarm api, CCTV atau yang lainnya agar kegiatan dalam gudang lebih kondusif. Sesuaikan saja peralatan pengaman tambahan ini dengan kondisi area penyimpanan barang yang Anda miliki.

Inilah 4 Model Tata Letak Gudang yang Bisa Diterapkan