7 Prinsip Manajemen Gudang yang Efektif dan Efisien

Manajemen gudang adalah metode pengelolaan tempat penyimpanan barang yang sudah pasti dimiliki dan ada di setiap perusahaan khususnya produsen barang. Gudang adalah tempat untuk menyimpan stok barang untuk sementara waktu, baik input maupun output.

Aktivitas penyimpanan barang sangat penting, karena berpengaruh pada proses distribusi. Supaya lebih efektif dan efisien, proses penyimpanan ini dilakukan dengan mengacu pada prinsip manajemen, berikut penjelasannya.

7 Prinsip Manajemen Gudang Efektif

Pengelolaan sebuah tempat penyimpanan tidak bisa sembarangan karena berkaitan dengan keamanan stok barang. Berikut 7 prinsip yang harus dipenuhi agar pengelolaan tersebut berjalan dengan efektif.

1.     Lokasi

Prinsip pertama manajemen gudang adalah penempatan lokasi. Lokasi paling efektif adalah dekat dengan lokasi penjualan bahkan lebih baik menjadi satu. Misalnya, toko kelontong menyatukan gudang dan toko.

2.     Desain

Prinsip berikutnya adalah desain. Setiap gudang harus memiliki desain khusus menyesuaikan dengan jenis barang. Terutama untuk makanan, minuman, obat-obatan yang memiliki masa kadaluarsa cepat, desainnya harus tepat.

3.     Prosedur Penyimpanan Barang

Prosedur penyimpanan berkaitan langsung dengan tata letak atau cara menyimpan agar tidak mudah rusak. Contoh barang pecah belah, tidak bisa disimpan dengan cara disusun karena bisa menyebabkan kerusakan.

4.     Peralatan Pendukung Operasional

Prinsip manajemen gudang berikutnya adalah ketersediaan peralatan. Contoh mesin untuk mengambil barang, mengemas, dan sebagainya. Adanya peralatan meningkatkan efektifitas operasional.

5.     Maksimalkan Software

Setiap perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pengelolaan penyimpanan di gudang kini sudah tidak efektif lagi jika menggunakan dan buku catatan. Software akan mempermudah pencatatan serta pemantauan aktifitas gudang.

6.     Sistem Keamanan

Mengatur sistem keamanan bisa dilakukan salah satunya dengan memasang kamera pengawas. Dengan demikian pengawasan tetap dapat dilakukan di seluruh area selama 24 jam penuh.

7.     Analisis dan Evaluasi Performa

Menganalisis dan mengevaluasi proses yang telah berjalan membantu Anda pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan selanjutnya. Misalnya jika tetap ada selisih stok atau kesalahan pencatatan bisa segera melakukan penggantian metode manajemen.

Selain menghasilkan fungsi penyimpanan yang efektif serta efisien, pengelolaan yang benar berkaitan juga dengan produktifitas pekerja. Manajemen gudang juga memangkas waktu pencarian barang serta hemat biaya pengelolaan.


di dalam Odoo
Warehouse Management System Adalah, Konsep dan Keuntungannya