Cara Mengatasi Dead Stock Secara Efektif dalam Berbisnis

Ada berbagai cara mengatasi dead stock agar perusahaan tetap bisa bersaing dan menjalani bisnis secara sehat di pasaran. Dead stock adalah salah satu permasalahan serius yang dihadapi perusahaan, di mana kondisinya perusahaan tidak bisa menyediakan permintaan.

Ketidakmampuan memenuhi permintaan bisa karena stoknya rusak atau usang sehingga tidak memungkinkan untuk dijual. Kondisi seperti ini tentu mendatangkan kerugian dan harus diatasi secara tepat agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Cara Mengatasi Dead Stock dengan Efektif

Kondisi tidak menyenangkan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya tidak terjalin komunikasi yang baik dari internal perusahaan. Untuk mengatasi sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut, perlu adanya solusi berikut:

1.     Menawarkan Potongan Harga

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai solusi menghabiskan produk kurang bagus kualitasnya adalah memberikan diskon. Selama produknya rusak sedikit atau masih layak pakai serta berfungsi baik maka bisa tetap ditawarkan ke konsumen.

2.     Menawarkan Penjualan Bundling

Anda dapat menjualnya dengan sistem bundling dengan produk lain yang kualitasnya lebih bagus. Orang tidak akan ragu membeli karena merasa produk dead stock ini sebagai bonus, sekalipun Anda menerapkan sedikit kenaikan harga penjualan.

3.     Mengembalikan Produk ke Pemasok

Salah satu cara mengatasi dead stock ini harus didiskusikan dengan pemasoknya langsung. Karena ada beberapa yang menerima kembali produk dari perusahaan, ada juga yang tidak mau menerima barangnya kembali karena menganggap sudah lepas tangan.

4.     Menjadikannya sebagai Donasi

Solusi ini sama sekali tidak memberikan keuntungan secara materi, namun bisa jadi sarana branding untuk produk Anda. Citra perusahaan juga semakin meningkat seiring orang menganggap bisnis Anda memperdulikan isu sosial.

5.     Melakukan Riset Pasar

Terakhir, solusi ini lebih ke arah antisipasi, di mana saat melakukan riset pasar terlebih dahulu maka kecil kemungkinan ada stok terabaikan. Riset pasar yang tepat membantu arus barang dan kas berjalan dengan baik dan situasi bisnis jadi lebih sehat.

Berbagai solusi di atas menjadi pembelajaran serta persiapan untuk para pelaku bisnis di berbagai sektor. Menerapkan cara mengatasi dead stock yang baik akan membantu bisnis unggul dari kompetitor.


di dalam Odoo
Komponen Penting Harga Pokok Produksi dan Manfaatnya