Cara Menghitung Safety Stock yang Benar dalam Berbisnis

Ketahui cara menghitung safety stock secara tepat untuk memastikan stok barang di perusahaan aman untuk waktu lama. Keamanan stok mempengaruhi keputusan untuk menentukan kapan waktu yang tepat melakukan pembelian kembali.

Perhitungan yang pas juga membantu perusahaan menilai apakah arus kas atau keuntungannya sudah sehat atau belum. Informasi lebih lengkap mengenai hal ini akan coba kami ulas melalui penjelasan di bawah ini!

Cara Menghitung Safety Stock dengan Tepat

Sebelum masuk ke metode perhitungan, mari cari tahu dulu pengertiannya secara tepat. Safety stock adalah stok pengaman yang menjamin permintaan pasar selalu terpenuhi sekalipun dalam kondisi tidak memungkinkan atau saat pemenuhan tersebut mustahil.

Untuk menerapkan stok pengadaan secara tepat, butuh pengaplikasian cara menghitung safety stock dengan baik. Proses perhitungan nantinya membantu perusahaan dalam mempersiapkan barang secara tepat dalam situasi terdesak.

Ketika perusahaan mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan baik maka besar peluang untuk unggul dari para kompetitor. Keunggulan dari perusahaan kompetitor memberikan peluang untung sangat besar, terutama jika kondisinya hanya Anda yang jadi solusi pasar.

Setelah memahami definisinya secara teori, sekarang mari masuk ke bagaimana cara perhitungannya. Ada beberapa rumus bisa diterapkan, kami coba membahasnya secara jelas.

Pada dasarnya, rumus stok pengadaan ini sama dengan penjualan maksimal harian yang dikalikan dengan lead time maksimum. Keduanya dikurangi oleh penjualan harian rata-rata dikali dengan lead time rata-rata.

Selain rumus dasar di atas, ada juga rumus untuk persediaan cadangan tetap yang melibatkan jumlah hari dengan penjualan rata-rata harian. Detailnya, rumus ini sama dengan jumlah hari dikalikan dengan penjualan harian maksimum atau penjualan rata-rata harian.

Terkait persediaan cadangan, ada juga rumus heizer dan render yang melibatkan faktor layanan dengan lead time. Persediaan cadangan berdasarkan rumus ini sama dengan skor Z atau faktor layanan yang diinginkan dikalikan dengan oLT atau standar deviasi dalam lead time.

Perhitungan tepat mengenai stok pengadaan ini harus disesuaikan dengan situasi pasar dan kondisi perusahaannya. Penerapan cara menghitung safety stock yang benar membantu arus kas perusahaan lebih sehat.


di dalam Odoo
Fungsi Perangkat Lunak Akuntansi untuk Berbagai Jenis Usaha