Kegiatan Manajemen Pergudangan Dalam Memperlancar Usaha

Sistem pengaturan di gudang atau singkatnya sama dengan manajemen pergudangan pengaturan di gudang yang mempengaruhi perusahaan menjalani operasional lancar. Gudang adalah sarana untuk menyimpan stok barang milik perusahaan.

Dalam pelaksanaan bisnis, stok barang di gudang ini harus dipantau agar sesuai catatan. Mengingat banyaknya hal terjadi di gudang, mulai dari barang masuk, barang keluar, bahkan sampai barang rusak harus diatur secara tepat dan sesuai kebutuhan.

Aktivitas Manajemen Pergudangan yang Wajib Anda Pahami

Ada setidaknya empat jenis kegiatan dalam mendukung operasional perusahaan melalui gudang. Empat kegiatan tersebut meliputi beberapa poin penting berikut:

1.     Penyimpanan Barang

Hal pertama yang akan dilakukan di gudang adalah menyimpan barang dengan baik. Setiap warehouse memiliki aturan penyimpanan berbeda, tergantung pada jenis barangnya.

Jika gudangnya untuk es krim maka suhu harus rendah dan penyimpanannya harus steril karena termasuk salah satu produk makanan. Menyimpan barang dengan baik membuat kemungkinan barangnya rusak menjadi sangat kecil bahkan tidak terjadi sama sekali.

2.     Pengeluaran Barang

Aktivitas lain adalah kebalikan dari aktivitas pertama, yakni proses mengeluarkan barang untuk didistribusikan ke konsumen. Pengeluaran barang juga mungkin saja berhubungan dengan keadaan produk yang rusak sehingga harus dikeluarkan dari warehouse.

Jenis produk yang dikeluarkan bisa berupa produk jadi yang tinggal siap pakai, ada juga produk setengah jadi. Sistem manajemen pergudangan yang baik membuat pengeluaran produk seimbang dengan pemasukan barangnya.

3.     Pengemasan Barang

Gudang juga akan melakukan proses pengemasan ketika ada pesanan dari pelanggan dalam berbagai jumlah. Sederhananya jika ada pelaku bisnis digital mendapatkan pesanan dari toko, akan otomatis melakukan pengemasan sesuai yang diminta pelanggan.

Proses pengemasan ini tidak bisa sembarangan, terutama untuk produk yang rentan rusak. Orang biasanya menambahkan bubble wrap untuk menjamin barang tetap aman.

4.     Pengembalian Barang

Terakhir dalam beberapa kondisi terkadang gudang juga harus menerima pengembalian barang. Pengembalian ini terjadi apabila kondisi barangnya rusak, tidak sesuai pesanan, dan berbagai faktor lainnya.

Empat kegiatan di atas mungkin saja pernah dilakukan atau ada beberapa yang melakukannya sebagian. Sistem manajemen pergudangan secara baik akan membuat arus kas perusahaan berjalan lancar.


di dalam Odoo
Peran Penting Manajemen Hubungan Pelanggan Dalam Bisnis