Keunggulan Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Open Source) Odoo ERP

Perangkat lunak sumber terbuka (open source) yaitu perangkat lunak yang kode sumbernya bisa diketahui oleh semua orang. Bahkan bisa dimodifikasi atau dipelajari misalnya untuk dikembangkan agar menjadi perangkat lunak yang lebih baik lagi.

Salah satu jenis open source yang banyak dikenal di kalangan anak muda pebisnis saat ini adalah Odoo ERP. Aplikasi ini banyak membantu di berbagai bidang pekerjaan. Tentunya kode sumber dari Odoo ERP bisa diketahui semua orang dan memberikan berbagai keunggulan.

Keunggulan Odoo ERP Sumber Terbuka (Open Source)

Ada beberapa orang yang memahami Odoo ERP sebagai perangkat lunak dengan keamanan kurang baik, karena merupakan perangkat lunak open source. Padahal sebenarnya terdapat beberapa keunggulan dari open source yang harus Anda pahami seperti penjelasan berikut.

1.     Gratis

Open source memang terkenal dengan salah satu keunggulan yang sangat disukai oleh semua orang, yaitu gratis. Software dengan sumber yang terbuka seperti Odoo ERP tentu gratis, sehingga bisa digunakan oleh semua orang untuk berbagai keperluan bisnisnya.

Secara umum, software open source memang relative lebih murah dibandingkan lainnya. Dengan kata lain jika memerlukan biaya, tentu harganya tidak akan terlalu mahal untuk para pengguna. Oleh karena itu masyarakat lebih sering memilih perangkat lunak seperti ini.

2.     Pemakaian lebih fleksibel

Keunggulan sumber terbuka (open source) lainnya adalah pemakaian bisa lebih fleksibel, karena Anda bisa mengedit, modifikasi atau mempelajari kode – kodenya. Jadi Anda bisa merubah beberapa hal yang ada pada perangkat lunak agar lebih sesuai dengan keinginan.

Selain itu edit dan modifikasi juga bisa dilakukan agar dapat memaksimalkan atau meningkatkan fungsinya.

3.     Perbaikan lebih cepat

Keunggulan ketiga adalah perbaikannya lebih cepat dibandingkan perangkat lunak lain. Jadi jika ada masalah pada software, Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa memakainya lagi. Selain cepat, perbaikannya juga mudah dilakukan.

Dengan beberapa keunggulan tersebut, Anda pasti lebih mudah memakai aplikasinya untuk berbagai keperluan. Bahkan memungkinkan bagi semua pengguna untuk mempelajari dan modifikasi sumber terbuka (open source) sesuai kebutuhan agar pemakaiannya lebih fleksibel.


di dalam Odoo
Fitur Lengkap Odoo ERP untuk Memudahkan Para Pengguna