Langkah-langkah Stock Opname yang Penting untuk Perusahaan

Ada berbagai langkah-langkah stock opname untuk memastikan stok perusahaan tetap aman dan sesuai dengan catatan. SO adalah hal lumrah yang biasa dilakukan pada perusahaan ritel untuk memastikan catatan sesuai dengan fakta di lapangan.

SO biasanya dilakukan satu bulan sekali untuk menghindari ketidaksesuaian antara catatan dengan fakta. Informasi lengkap mengenai SO akan kami ulas melalui berbagai penjelasan di bawah ini!

Langkah-langkah Stock Opname yang Penting Diketahui

Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pemeriksaan stok barang di toko. Langkah-langkah tersebut secara efektif meliputi empat hal di bawah ini:

1.     Persiapan SO

Pada pelaksanaannya beberapa ritel menurunkan staf gudang secara langsung untuk membantu staf ritel dalam menghitung jumlah barang di toko. Ada juga staf gudang yang hanya memerintahkan dan yang melakukan SO adalah pihak ritelnya.

Staf gudang yang tidak turun langsung harus memberikan informasi dan edukasi untuk staf ritel. Pengetahuan ini merupakan tahap persiapan dalam sebuah stock opname.

2.     Tahap Awal SO

Sudah mempersiapkan ritel untuk melakukan pemeriksaan stok. sekarang masuk ke tahapan awal. Ada beberapa hal harus diperhatikan, memberikan label untuk barang yang sudah dihitung, menata stok sesuai kode, dan memisahkan barang yang rusak.

Tahap kedua dari langkah-langkah stock opname merupakan tahap pelaksanaan awal. Melakukan tahap awal dengan tepat maka selanjutnya akan tepat juga.

3.     Tahap Pelaksanaan

Semua proses dilakukan dengan baik tanpa ada barang yang terlewat untuk dihitung. Setelah perhitungan di lapangan maka selanjutnya pihak-pihak di lapangan akan melaporkan hasilnya kepada pihak manajemen.

Melalui tahap pelaksanaan ini antara ritel dan manajemen akan saling mempertanggungjawabkan tugasnya. Manajemen yang bagus akan memberikan solusi terbaik untuk kendala di lapangan.

4.     Tahap Akhir SO

Terakhir adalah tahap keputusan dari pihak manajemen setelah mendapatkan laporan dari staf di lapangan. Manajemen akan memutuskan keputusan terbaik untuk toko apabila perhitungannya tidak sesuai atau perhitungannya sesuai sekalipun.

Empat langkah di atas harus dilakukan secara berurutan dan diawasi oleh pihak manajemen secara ketat. Pelaksanaan langkah-langkah stock opname membantu perusahaan memantau langsung kondisi ritel di lapangan.


di dalam Odoo
Cara Mengatasi Dead Stock Secara Efektif dalam Berbisnis