Mengenal Apa Itu ERP Odoo dan Fitur Utamanya

Setiap pelaku industri wajib paham apa itu ERP Odoo. Dulunya dikenal dengan merk dagang OpenERP. Melalui sistem ini, setiap pebisnis skala kecil, menengah hingga besar dapat mengelola perusahaan secara optimal.

Perangkat lunak ini membantu efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan. Sehingga kinerja masing-masing bagian jadi lebih mudah dan cepat. Apa saja fitur di yang memungkinkan kinerja sistem tersebut, berikut penjelasannya.

Mengenal Apa Itu ERP Odoo

ERP Odoo adalah software open source yang dapat dimanfaatkan perusahaan manufaktur dan jasa. Di dalamnya ada fitur project management, Customer Relationship Management, penjualan, manajemen inventori, warehouse, manajemen keuangan, dan manajemen proyek.

Sistem ini dapat diakses dari berbagai platform baik web, desktop dan mobile. Menyediakan tiga solusi bisnis bagi penggunanya. Yaitu Odoo enterprise, Online Saas dan Odoo Community.

Jenis Enterprise bisa diinstall langsung di hardware perusahaan dengan membayar lisensi kepada Odoo. Jenis SaaS juga berbayar tetapi server sudah langsung disediakan melalui Clour Server dimana perusahaan tinggal menggunakan saja.

Kemudian untuk jenis community, yaitu ERP yang memungkinkan penggunanya tidak perlu membayar sedikitpun. Tapi pengguna tetap bisa mengakses source code dan bisa menginstallnya pada hardware manapun serta bisa mengkustomisasi modul yang sudah tersedia.

Fitur Utama ERP Odoo

Setelah memahami apa itu ERP Odoo Anda juga perlu tahu apa saja fitur utamanya. Berikut adalah fitur yang memudahkan pengelolaan bisnis manufaktur dan jasa dari perangkat lunak Odoo.

1.     Pendekatan Moduler

Memungkinkan Anda memilih kemudian mengimplementasikan modul-modul yang dibutuhkan bisnis Anda.

2.     Interface yang User Friendly

Interface atau antarmuka ramah pengguna dengan desain intuitif yang memudahkan karyawan menjelajah dan menggunakannya secara efektif dan efisien.

3.     Data Real-Time

Pengguna dapat mengakses data real-time di seluruh organisasi sehingga mempermudah dalam membuat keputusan yang terinformasi dengan cepat.

4.     Skalabilitas

Software ERP ini dapat tumbuh bersama bisnis startup kecil maupun perusahaan yang sudah besar.

5.     Kemampuan Integrasi

Terintegrasi sangat lancar dengan alat bisnis penting lainnya, seperti aplikasi pihak ketiga, platform e-commerce juga gateway pembayaran.

Intinya pengelolaan bisnis Anda akan semakin sederhana, mudah dengan akses cepat terhadap semua informasi. Apa itu ERP Odoo sudah banyak digunakan pebisnis dunia, saatnya Anda juga mencoba.


di dalam Odoo
Daftar Modul Odoo untuk Semua Kebutuhan Bisnis