Mengenal Inventory Management Adalah beserta Manfaatnya

Inventory management adalah bagian penting dalam bisnis yang melibatkan stok barang. Sistem manajemen ini secara efektif dan efisien menunjang proses distribusi, produksi dan kualitas barang dalam sebuah bisnis.

Pengelolaan inventori saat ini sudah semakin canggih dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi. Tidak lagi sekedar sheet excel melainkan sudah lebih kompleks. Manfaatnya sendiri sangat besar bagi pertumbuhan bisnis, berikut penjelasannya.

Definisi Inventory Management Adalah Berikut Ini

Inventory management merupakan proses perencanaan, pengadaan, pengelolaan, dan pengendalian barang oleh sebuah perusahaan. Proses ini berjalan kompleks, terutama pada perusahaan besar.

Rata-rata perusahaan besar lebih fokus pada pengembangan serta pengelolaan gudang. Pengelolaan ini nantinya akan diintegrasikan dengan sistem lain yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Pada perusahaan besar barang akan masuk ke penerimaan gudang dalam bentuk bahan baku, selanjutnya ditempatkan pada penyimpanan stok. Sementara pada perusahaan kecil barang diterima langsung ditempatkan pada penyimpanan stok.

Tujuan inventory management adalah menciptakan proses pengelolaan stok yang efektif efisien bagi perusahan. Meminimalisir pemborosan sumber daya sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dengan menghemat tenaga, dana dan waktu untuk pemasukan yang lebih tinggi.

Manfaatnya Sistem Inventory Management

Penerapannya dalam perusahaan dilakukan dengan pengecekan inventaris, pesanan barang, pengambilan, prediksi kebutuhan konsumen, penghitungan dan pelacakan pesanan. Manfaat sistem ini sangat besar, berikut diantaranya.

1.     Inventory Control

Manfaat pertama dari Inventory management adalah menyediakan stok yang akan digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen. Ketersediaan stok dapat dipantau untuk memastikan produk selalu mencukupi.

2.     Penghematan Biaya

Manfaat kedua yaitu menghindarkan kerugian financial akibat human error, pembelian tidak perlu, stok berlebihan, dan lainnya. Biaya akan dihemat secara signifikan dengan sistem pengelolaan ini.

3.     Perencanaan Tepat

Laporan keuangan dapat dipakai untuk mengetahui tren produk dan produk yang jarang dipesan konsumen. Selanjutnya bisa dijadikan sebagai acuan membuat perencanaan dengan tepat.

4.     Penyimpanan sebagai Data

Management inventory yang memadai dapat digunakan untuk mengetahui ketersediaan barang dan menentukan lokasi di gudang berbeda sekalipun. Dengan demikian pemrosesan pesanan bisa lebih cepat.

5.     Kepuasan Konsumen

Manfaat paling penting adalah memberikan kepuasan kepada konsumen sebab adanya informasi yang realtime menyangkut persediaan. Perusahaan bisa melacak pengiriman barang hingga sampai ke konsumen.

Pengelolaan inventaris pada dasarnya menghindari terjadinya kerugian karena penyimpanan kurang efektif dan efisien. Lebih maksimal lagi profit perusahaan jika inventory management adalah fokus utama setiap kali berhubungan dengan barang masuk dan keluar.

 
di dalam Odoo
7 Prinsip Manajemen Gudang yang Efektif dan Efisien