Mengenal Software CRM, Komponen dan Tujuan Penggunaannya

Software CRM adalah tools yang dapat membantu mengelola hubungan pendekatan antara perusahaan dengan customer. Selama ini kebanyakan perusahaan masih melakukan CRM (Customer Relationship Management) secara langsung.

Padahal jika memanfaatkan tools yang lebih modern, maka pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien. Seperti apa komponen software dan mengapa digunakan dalam pendekatan hubungan dengan customer, berikut penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Software CRM

Software ini adalah software aplikasi yang berguna dalam pengelolaan strategi relasi menggunakan perimeter data. Tools bekerja dalam mengelola dan mengevaluasi data relasi perusahaan dengan pelanggan.

Melalui tools ini perusahaan bisa mengumpulkan, mengatur, serta melakukan analisa informasi pelanggan. Informasi tersebut akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam rangka meningkatkan pelayanan berkualitas.

Fungsi umum dari software ini adalah membantu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Selan juga membantu perusahaan membangun pelayanan secara maksimal, memberikan dukungan kepada pelanggan, serta menangani komplain.

Komponen dan Tujuan Penggunaan Software CRM

Tools canggih ini bertujuan mempertahankan hubungan dan interaksi dengan customer atau pelanggan. Adanya hubungan baik dengan customer akan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Tools ini efektif memaksimalkan relasi melalui penjualan up selling dan cross selling. Fitur-fitur didalamnya turut membantu menyediakan informasi data lengkap mengenai pelanggan. Tujuan lainnya adalah membuat sistem pelayanan memuaskan dengan dukungan komponen berikut ini:

1.     Manajemen

Komponen ini mengarahkan serta mengendalikan orang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Manajemen juga berkaitan dengan sumber daya, logistik, serta kekayaan intelektual.

2.     Hubungan

Hubungan di sini merujuk pada upaya perusahaan melakukan interaksi dengan customer yang berkaitan erat dengan hasil kepuasan. Komponen ini sangat penting karena berpengaruh juga terhadap kredibilitas bisnis perusahaan.

3.     Pelanggan

Pelanggan adalah variabel bisnis yang akan, sedang, pernah menggunakan jasa atau produk. Dari pelanggan inilah bisa dinilai sejauh apa kesuksesan sebuah usaha, bagaimana penerimaan konsumen serta kemungkinan perkembangan bisnis di masa depan.

Tools modern memudahkan setiap analisa dan evaluasi dari sebuah bisnis baik produk maupun jasa. Semakin mudah pekerjaan, maka fokus perusahaan mengembangkan bisnis lebih besar. Itulah mengapa diperlukan software CRM.


di dalam Odoo
Daftar Modul Odoo untuk Semua Kebutuhan Bisnis