Modular dan Scalable Odoo Mengubah Bisnis Jadi Lebih Baik

Di era perubahan bisnis yang cepat, pendekatan modular dan scalable yang diaplikasikan Odoo banyak membantu perkembangan bisnis UMKM maupun korporasi.

Dengan memanfaatkan sistem perencanaan sumber daya perusahaan atau ERP menggunakan pendekatan modular, banyak manfaat didapatkan oleh pemilik bisnis. Terutama dalam memberikan efisiensi dan pertumbuhan baru dalam bisnis.

Keunggulan Pendekatan Modular dan Scalable dari Odoo

Odoo dikenal sebagai salah satu pilihan software ERP terbaik di Indonesia, terutama bagi perusahaan kecil, menengah, dan korporasi. Sudah banyak pelaku usaha menggunakan software ini untuk bisnis.

Salah satu alasannya karena penggunaan pendekatan modular dalam perangkat lunak yang dibangun oleh pengembang software satu ini. Penggunaan desain modular ternyata memiliki keunggulan:

1.     Menjadi Solusi untuk Setiap Kebutuhan Bisnis

Setiap jenis usaha tentu memiliki kebutuhan berbeda, karena itu hadirnya pendekatan modular dapat membantu untuk menciptakan solusi sesuai dengan jenis bisnis masing-masing.

Baik dalam sistem CRM, inventaris, akuntansi, manajemen proyek, maupun pemasaran tersedia rangkaian modul sesuai lini tersebut dan dapat diintegrasikan dengan mudah bersama sistem lainnya.

2.     Scalable Lebih Ekonomis

Salah satu tantangan dalam menerapkan sistem ERP adalah dari segi anggaran. Karena penerapan ERP keseluruhan memang cukup besar dan akan menguras anggaran biaya, terutama untuk penerapan terintegrasi.

Namun, dengan adanya scalable membuat investasi pengusaha menjadi lebih ekonomis. Sebab dapat memulai dengan kebutuhan dasar, kemudian baru menambahkan modul sesuai kebutuhan.

3.     Integrasi yang Lancar

Desain modular dan scalable juga memastikan bahwa sistem dapat terintegrasi dengan lancar meskipun diaplikasikan per modul. Sebab setiap modul berdiri sendiri, tapi terbuka untuk disatukan dengan sistem lainnya.

Artinya, tidak perlu merombak sistem yang sudah ada apabila Anda ingin menambahkan modul baru. Integrasi bisa dilakukan dengan cepat tanpa hambatan berarti.

4.     Dapat Mengelola Berbagai Potensi Sumber Daya Perusahaan

Odoo menyiapkan paket modular yang terdiri atas masing-masing sumber daya perusahaan. Mulai dari inventaris, CRM, HR, proyek, hingga sistem akuntansi dan keuangan.

Oleh sebab itu, pengguna dapat memilih beberapa modul sesuai kebutuhannya. Setiap modul dapat digunakan untuk mengelola potensi sumber daya sesuai dengan peruntukannya.

Dengan demikian, tidak akan tercampur aduk, berdiri sendiri, tapi tetap dapat terintegrasi dengan baik ,sehingga membuat sebuah sistem saling terhubung dalam sebuah manajemen perusahaan.

Kesimpulannya Odoo merupakan salah satu software terbaik di Indonesia, sebab memiliki keunggulan dari segi modularitas. Metode modular dan scalable yang dikembangkan Odoo memastikan bahwa pelanggan dapat mengelola operasi bisnis dengan efektif dan efisien.


di dalam Odoo
Keunggulan Odoo Sebagai Software ERP Bagi UMKM Hingga Korporasi