Odoo, Perangkat Lunak ERP dengan Segudang Manfaat

Odoo (On Demand Open Object) ialah suatu perangkat lunak yang banyak digunakan oleh perusahaan, apakah itu skala kecil, menengah maupun besar. Perannya adalah membantu dalam mengelola manajemen data.

Sebenarnya pada mulanya aplikasi tersebut bernama OpenERP. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan nama tersebut. Namanya berubah sejak penghujung tahun 2012.

Lantas, apa manfaat jika menggunakannya? Anda dapat menggunakan berbagai modul hanya dalam satu platform. Jadi, jauh lebih praktis ketika ingin melakukan integrasi.

Mengenal Tentang Apa Itu Odoo?

Setiap perusahaan pasti memerlukan berbagai platform untuk menjalankan operasional bisnis. Misalnya saja untuk akuntansi, gudang, e-commerce, human resource dan lain lain.

Supaya lebih praktis, Anda dapat mengandalkan Odoo yang merupakan sekumpulan aplikasi manajemen bisnis. Jadi, cukup dalam satu platform tersedia beragam modul seperti akuntansi, gudang, e-commerce, human resource dan lainnya.

Boleh juga menyebutnya sebagai aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan untuk mengelola proses bisnis. Modul di dalamnya begitu fungsional dan terintegrasi hingga membentuk ERP.

Konsep software ERP atau Enterprise Resource Planning sendiri ialah platform yang mengotomatisasi proses bisnis. Melalui ERP, Anda memperoleh wawasan maupun kontrol internal, pendataan pada database pusat yang mengumpulkan masukan dari beragam departemen.

Secara sederhana, Enterprise Resource Planning membantu menyatukan manusia, proses hingga teknologi pada suatu organisasi. Jadi, sudah tentu proses bisnis akan menjadi lebih praktis.

Anda dapat memanfaatkan seluruh modul untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. Sehingga dapat bertukar informasi satu sama lain tanpa harus mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga.

Software ERP ini juga dapat digunakan pada beragam perangkat. Sebut saja desktop, smartphone iOS atau smartphone android. Boleh juga mengaksesnya melalui website.

Platform tersebut tersedia pada cloud maupun lokasi lainnya. Bisnis dengan ukuran apa saja boleh menggunakannya, apakah itu masih perusahaan skala kecil atau perusahaan dengan skala besar.

Tidak perlu mengkhawatirkan biaya untuk penggunaan Odoo. Sebab, biayanya cukup terjangkau. Jadi, dapat dikatakan manfaatnya besar hanya dengan biaya murah.

Tersedia pula penawaran uji coba gratis hingga 15 hari. Jadi, Anda bisa mempelajarinya secara maksimal sebelum membayar biaya langganan.

Ada dua versi untuk produk ini, yakni versi Enterprise dan Community. Untuk mendapatkan layanan dengan harga langganan SaaS maka perlu memilih edisi Enterprise. Namun untuk versi gratis silahkan pilih versi Community.

Beberapa Modul yang Tersedia di Odoo

On Demand Open Object begitu populer dan banyak diunduh oleh perusahaan. Keunggulannya ialah mempunyai komunitas dinamis, fleksibel dan bisa menyesuaikan keperluan. Tersedia pula beragam modul di dalamnya seperti penjelasan berikut.

1.     Website Module (Odoo ERP)

Di dalam website module terdapat beberapa pilihan aplikasi, yakni website builder dan e-commerce. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk bisnis yang ingin terintegrasi dengan layanan online.

a.     Website Builder

Website builder bisa dikatakan sebagai alat yang membantu pengembangan dan pengelolaan situs web terintegrasi. Antarmuka pengguna tergolong intuitif, jadi Anda bisa membuat situs web secara mudah.

Melalui software ERP ini, Anda juga dapat mengelola konten, responsif pada perangkat mobile dan boleh mengintegrasikannya dengan fitur lain. Optimalkan saja situs web mengandalkan beragam alat di dalamnya.

Website builder ialah solusi terbaik untuk merancang situs webs bisnis yang fungsional dan tampak menarik. Ini dia beberapa keuntungan penggunaannya.

·       Pembuatan Situs Web

Salah satu keuntungan penggunaan Odoo ialah membantu merancang tampilan situs web. Anda dapat menerapkan sejumlah template dan tata letak yang disediakan.

·       Manajemen Konten

Website builder juga memungkinkan Anda untuk mengelola konten situs web secara fleksibel. Termasuk merancang halaman baru dan menyesuaikan struktur navigasi.

·       Responsif dan Mobile-Friendly

Situs web yang Anda rancang akan responsif pada perangkat mobile. Jadi, tidak perlu menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk menyesuaikan tampilan web di perangkat mobile.

·       Optimasi SEO

Anda dapat mengoptimalkan situs web dengan konsep SEO. Tersedia pengelolaan meta deskripsi, URL hingga manajemen link internal. SEO sendiri termasuk hal penting untuk diterapkan pada situs web.

·       Integrasi

Boleh juga mengintegrasikan website builder dengan produk lain. Misalnya saja integrasi dengan sistem penjualan sehingga informasi produk dan harga akan tampil secara jelas pada situs web.

b.     E-commerce

Website module berupa e-commerce akan membantu mengintegrasikan produk dengan toko online. Akan terhubung secara otomatis sehingga proses bisnis berjalan lebih praktis.

Melalui software ERP ini, Anda dapat membuat maupun mengelola toko online secara mudah. Manfaatkan fitur pengelolaan pesanan, inventaris, pelanggan hingga keuangan di dalamnya.

Beragam fitur pada modul e-commerce akan membantu mendorong pengalaman pengguna dan mendorong angka penjualan. Misalnya saja berupa fitur manajemen katalog produk, promosi atau integrasi dengan beragam metode pembayaran.

Beragam fiturnya bukan hanya cocok untuk bisnis skala kecil. Namun juga cocok untuk bisnis dengan skala menengah yang ingin mengembangkan usaha dalam dunia online. Ini dia beberapa keunggulan dari modul e-commerce.

·       Fitur Lengkap

Modul ini menyediakan fitur lengkap, misalnya saja manajemen katalog produk, pelanggan, pesanan, pembayaran, promosi hingga pengiriman. Jadi begitu mendukung aktivitas pengelolaan toko online.

·       Integrasi Platform

Boleh pula mengintegrasikannya dengan platform lain untuk mendukung manajemen terpadu. Jadi, Anda dapat mengelola semua aspek bisnis hanya melalui satu alat.

·       Integrasi Metode Pembayaran

Tersedia pula layanan integrasi dengan beragam metode pembayaran. Sebut saja kartu kredit, transfer bank hingga e-wallet. Sehingga pelanggan akan merasa lebih mudah atau nyaman dalam melakukan transaksi.

2.     Sales Module (Odoo ERP)

Salah satu modul yang tidak kalah menarik ialah sales module. Sales module memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengelolaan pesanan. Termasuk melihat tabel penjualan yang rapi.

a.     Fitur

Melalui sales module, Anda akan memperoleh semua informasi terkait penjualan. Bisa pula melakukan kontrol terkait pemesanan maupun pengiriman produk secara lebih terpusat. Ini dia sejumlah fitur unggulannya.

·       Manajemen Kontrak

Melalui modul ini, Anda bisa mengatur hingga mengelola penjualan. Misalnya terkait penjualan berulang berupa langganan atau kontrak layanan.

Tersedia layanan pengaturan jadwal penagihan, pemantauan pembayaran hingga pengelolaan perpanjangan atau pemutusan kontrak. Jadi, pengelolaan pelanggan dapat dilakukan dengan manfaat mendapatkan pendapatan berulang.

·       Manajemen Pelanggan

Tersedia pula layanan manajemen pelanggan secara lengkap. Lakukan pengelolaan database pelanggan, penyimpanan informasi kontak, Riwayat pembelian, preferensi pelanggan maupun detail lain.

Hal tersebut akan membantu mendapatkan wawasan mengenai kebutuhan pelanggan. Lantas membantu meningkatkan pengalaman pelanggan. Strategi penjualan juga dapat dioptimalkan.

·       Analisis Penjualan

Sales module mempunyai alat analisis kuat. Sehingga mampu menganalisis kinerja penjualan dengan detail. Termasuk laporan penjualan, grafik penjualan, analisis produk hingga analisis pelanggan.

Fiturnya akan membantu mendapatkan wawasan terkait tren penjualan, identifikasi peluang baru sampai pengoptimalan strategi penjualan. Lantas, keuntungan beserta pertumbuhan bisnis akan didapatkan.

Secara umum, sales module memuat beragam fitur di dalamnya. Misalnya saja fitur pengelolaan data pelanggan, pembuatan penawaran, tagihan hingga laporan penjualan secara lengkap.

b.     Keunggulan

Selain mempunyai beberapa fitur, sales module juga menawarkan beragam keunggulan. Ini dia beberapa keunggulan dari sales module software ERP tersebut.

·       Pengelolaan Penjualan

Salah satu keunggulannya ialah menjadi wadah untuk pengelolaan semua siklus penjualan. Mulai dari prospek sampai penawaran, pesanan bahkan faktur. Kehadirannya akan membantu menurunkan risiko kesalahan manusia.

·       Quotation Online

Salah satu keunggulan sales module ialah quotation bisa dilakukan dengan cara online. Sehingga pemantauannya juga dapat dilakukan secara online oleh siapa saja yang mempunyai wewenang dalam perusahaan.

·       Komunikasi Cepat dan Efisien

Melalui modul tersebut, Anda juga bisa berkomunikasi secara cepat dan efisien. Tidak harus mengandalkan cara manual untuk berkomunikasi khususnya terkait keperluan penjualan.

·       Merancang Penawaran Profesional

Keunggulan lain dari software ERP tersebut ialah dapat merancang penawaran secara jelas, lengkap dan profesional. Tentu penawaran termasuk hal penting dalam penjualan.

·       Pengoperasian Otomatis

Sales module menawarkan pengoperasian yang otomatis. Sehingga aktivitas bisnis akan dapat dilakukan dengan cara lebih praktis. Tidak akan terlalu menghabiskan waktu maupun tenaga.

·       Meningkatkan Produktivitas Tim

Keunggulan lainnya ialah membantu meningkatkan produktivitas tim penjualan. Misalnya membuat jadwal aktivitas, manajemen prospek atau melacak perkembangan penjualan.

·       Analisis Data Mendalam

Tersedia pula fitur yang menghadirkan analisis data secara mendalam. Jadi, bisa melacak target penjualan, memantau penjualan hingga mengidentifikasi peluang. Sehingga bisa mendorong penerapan strategi penjualan yang lebih efektif.

·       Terintegrasi Modul Lain

Anda bisa mengintegrasikan dengan modul Odoo lainnya sesuai keperluan. Misalnya diintegrasikan dengan POS, CRM, akuntansi, website atau lainnya.

·       Fleksibel

Sales module memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penawaran dan pesanan mengikuti keperluan pelanggan, melakukan pelacakan status hingga melakukan pengelolaan persyaratan pengiriman maupun fakturnya secara mudah.

Sales module bukan hanya membantu mendorong efektivitas proses penjualan. Namun juga memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Jadi, penggunaannya memberikan begitu banyak manfaat pada bisnis.

3.     Finance Module (Odoo ERP)

Di masa modern, tentu perusahaan perlu mempunyai sistem manajemen keuangan yang efektif dan efisien. Finance module adalah solusi terbaik untuk memantau, mengelola maupun mengoptimalkan keuangan perusahaan.

Finance module menawarkan beragam proses manajemen keuangan yang dibutuhkan pada suatu organisasi. Anda bisa mengatur hutang, piutang, rekonsiliasi bank, manajemen kas, pajak hingga pelaporan.

a.     Keunggulan

Finance module juga mempunyai beragam keunggulan. Mengingat adanya faktur elektronik, laporan dinamisnya jelas dan terintegrasi dengan modul lainnya. Ini dia keunggulannya secara lebih detail.

·       Integrasi

Keunggulan utamanya tentu saja ialah bisa diintegrasikan dengan beragam fungsi keuangan. Melalui satu software, dapatkan akses akuntansi, fakturasi, pembayaran hingga laporan keuangan.

Adanya integrasi menjadikan proses manajemen keuangan berlangsung secara lebih mudah. Bahkan risiko kesalahan juga bisa dihindari. Kesalahan lebih mudah terjadi apabila memilih menggunakan sistem terpisah.

·       Akuntansi Terpusat

Tersedia fitur akuntansi lengkap dalam modul software ERP tersebut. Sehingga dapat melacak seluruh transaksi keuangan bisnis. Termasuk pula mencatat pendapatan maupun pengeluaran. Seluruh keuangan dapat dikontrol secara optimal.

·       Fakturasi Otomatis

Keunggulan lainnya ialah bisa membuat maupun mengirimkan faktur secara mudah. Bahkan, pengaturan fakturnya dapat dilakukan secara otomatis. Cukup melakukan pengaturan pada modulnya.

Fakturasi otomatis akan membantu proses pembayaran menjadi jauh lebih cepat. Jadi, pendapatan perusahaan bisa dikelola secara lebih optimal.

·       Manajemen Pembayaran Lebih Efisien

Modul software ERP ini juga dapat memudahkan proses penerimaan pembayaran dari konsumen. Adanya integrasi dengan beragam metode pembayaran, penerimaan pembayaran bisa mengandalkan kartu kredit, transfer bank atau lainnya.

Proses pembayarannya bukan hanya akan terasa mudah bagi pelanggan. Namun keamanannya juga terjamin. Jadi tidak akan menjadi masalah baru bagi perusahaan.

·       Pelaporan

Tersedia pula beragam alat pelaporan di modul ini. Bisa membantu merancang laporan keuangan, neraca, maupun jenis laporan lain. Seluruhnya dapat dilakukan secara mudah dan cepat.

Akan terbantu pula oleh analisis keuangan yang mendalam. Seperti pada umumnya, analisis keuangan bisa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan bisnis.

·       Skalabilitas dan Kustomisasi

Finance module bisa disesuaikan dengan keperluan bisnis. Mengingat tersedia pilihan konfigurasi, adaptasi saja sistemnya mengikuti struktur dan proses bisnis Anda.

b.     Manfaat

Finance module begitu membantu perusahaan dalam pengelolaan aspek keuangan. Adanya integrasi, akuntansi terpusat hingga analisis maksimal. Ini dia beberapa manfaat penggunaannya.

·       Hemat Waktu

Penggunaan modulnya akan membantu menghemat waktu. Mengingat proses fakturasinya berlangsung secara otomatis. Jika mengurus faktur secara manual pasti menghabiskan banyak waktu.

·       Analisis Keuangan Lebih Mendalam

Manfaat lainnya ialah analisis keuangan akan lebih mendalam. Laporan keuangannya jauh lebih mudah diakses maupun dianalisis. Jadi, sudah pasti bisa mengambil keputusan lebih benar sebagai strategi keuangan.

·       Mendorong Pengumpulan Dana

Mengingat manajemen pembayaran jauh lebih efisien, jadi mendorong pengumpulan dana dari konsumen. Jadi, arus kas perusahaan akan lebih lancer.

4.     Inventory and Manufacturing Module (Odoo ERP)

Pada penerapan bisnis modern, inventaris termasuk hal penting yang perlu dikelola. Tujuannya ialah menjaga ketersediaan produk, mendukung proses operasional dan menyokong efisiensi.

Inventory and manufacturing module ialah modul yang menjadi solusi terbaik untuk pengelolaan inventaris. Berbagai fiturnya membantu melacak, mengatur maupun mengoptimalkan stok produk secara efektif.

Lantas, bagaimana jika suatu perusahaan enggan melakukan pengelolaan persediaan menggunakan modul software ERP tersebut ? Maka, mungkin saja akan terjadi kekurangan stok maupun kerugian karena stok terlalu berlebihan.

a.     Fitur

Inventory and manufacturing module memungkinkan penggunanya untuk mengelola warehouse atau gudang. Jadi, apabila bisnis semakin berkembang, pengaturan gudangnya akan terasa praktis. Ini dia beberapa fitur di dalamnya.

·       Pencatatan Barang Masuk dan Keluar

Inventory and manufacturing module menyediakan fitur untuk mencatat setiap transaksi barang masuk dan keluar secara mudah, cepat dan akurat. Apabila ada barang diterima dari supplier, tim gudang bisa melakukan pencatatan pada sistem.

Nantinya secara otomatis sistem akan menghitung kuantitas persediaan di dalam gudang. Hal sama juga berlaku tatkala ada barang keluar dari gudang karena dijual maupun kebutuhan lain.

·       Pengelolaan Lokasi dan Gudang

Tersedia pula fitur yang mendukung pengelolaan beragam lokasi maupun gudang milik perusahaan. Sehingga bisa mengelola stok pada setiap lokasi gudang secara terpisah.

Anda akan dapat memantau persediaan di seluruh tempat. Tidak perlu merasa repot ketika mempunyai banyak gudang dan perlu mengaturnya secara terpisah.

·       Penyesuaian Stok dan Pemeriksaan Fisik

Fitur ini akan membantu menyesuaikan stok apabila ada perbedaan antara persediaan fisik dengan catatan persediaan pada sistem. Contohnya ketika ada produk rusak atau hilang, maka bisa mengoreksinya melalui penyesuaian stok.

Fitur pemeriksaan fisik juga akan membantu aktivitas inventarisasi secara rutin. Sehingga persediaan fisik maupun data dalam sistem senantiasa sesuai.

·       Pencatatan Batch dan Nomor Seri

Apabila memerlukan sistem pencatatan batch atau nomor seri dalam identifikasi produk, maka serahkan pada inventory and manufacturing module. Fiturnya akan membantu memasangkan nomor seri dengan produk.

Sehingga bisa melacak produknya secara mudah sesuai keperluan. Hasil pelacakannya juga akan spesifik. Jadi, tidak akan menyebabkan hambatan atau kendala dalam bisnis.

·       Manajemen Persediaan

Selanjutnya tersedia fitur manajemen persediaan mengandalkan prinsip FIFO (First-In-First-Out dan LIFO (Last-In-First-Out). Sehingga Anda dapat menentukan persediaan dan memastikan barang mana yang pertama kali keluar atau masuk.

Mengapa manajemen persediaan ini begitu penting? Penggunaan konsep FIFO atau LIFO akan membantu mencegah kerugian karena kedaluwarsa maupun turunnya kualitas produk.

b.     Keunggulan

Selain mempunyai berbagai fitur, inventory and manufacturing module juga mempunyai keunggulan. Ini dia beberapa keunggulan dari inventory and manufacturing module.

·       Peningkatan Kinerja

Salah satu keunggulan dari inventory and manufactoring module ialah membantu meningkatkan kinerja dan waktu pemrosesan. Mengingat banyaknya fitur pada inventory and manufactoring module, banyak tugas bisa dilakukan dengan cara yang lebih otomatis.

·       Supply Chain Lebih Efisien

Modul ini akan membantu perusahaan dalam mengoptimalkan supply chain. Misalnya melalui pengelolaan pesanan otomatis didasarkan pada persediaan atau permintaan konsumen. Jadi terhindar dari kekurangan atau kelebihan stok.

Inventory and manufactoring module juga akan membantu menjadikan supply chain jauh lebih efisien. Terutama karena modulnya dapat terintegrasi dengan modul lain yang masih berhubungan.

·       Pelacakan Setiap Pergerakan Persediaan

Melalui software ERP ini, Anda dapat melacak setiap pergerakan persediaan. Jadi dapat mengetahui secara pasti persediaan tanpa harus memantaunya secara langsung di dalam gudang.

Pelacakannya dapat dilakukan secara real-time. Hal tersebut juga didukung oleh integrasi dengan sistem manajemen gudang. Jadi, pasti bisa didapatkan informasi produk masuk atau keluar dari gudang secara akurat dan tepat waktu.

·       Pelaporan Optimal

Anda bisa memperoleh pelaporan atau report secara jelas, lengkap dan tentu saja real-time. Jadi, tidak mungkin ada stok barang yang terlewat dari pencatatan pada laporan.

5.     Human Resources Module (Odoo ERP)

Human resources module akan membantu pengelolaan kehadiran karyawan, permohonan cuti dan ketidakhadiran karyawan. Bisa juga merancang kalender perusahaan hinga menunjukkan waktu menghadiri proyek.

Melalui modul tersebut, akan memperoleh akses menuju jadwal karyawan dan memberikan hak dalam melengkapi maupun memvalidasi lembar waktu karyawan. Sehingga dapat mengikuti jam kerja proyek sekarang ini maupun implikasi biayanya.

a.     Fitur

Human resources module ialah solusi komprehensif untuk tugas administratif terkait pengelolaan sumber daya manusia. Sehingga proses HR bisa berjalan secara lebih sederhana namun hasilnya jauh lebih optimal. Ini dia sejumlah fitur unggulannya.

·       Data Karyawan Terpusat

Human resources module menyediakan pusat data karyawan yang terpusat. Silahkan menyimpan maupun mengelola seluruh informasi karyawan cukup dalam satu platform.

Melalui fitur software ERP tersebut, akses untuk berbagai informasi pribadi terasa lebih mudah. Mulai dari data diri, Riwayat pekerjaan, kontrak, absensi, cuti dan lain lain.

·       Proses HR Otomatis

Software HR membantu menjadikan beragam tugas HR otomatis. Misalnya aktivitas manajemen cuti, perhitungan gaji hingga pelaporan kehadiran. Jadi, tenaga atau waktu akan lebih hemat.

Seperti proses otomatis pada umumnya, risiko kesalahan manusia juga dapat dikurangi. Lantas, efisiensi operasional bisnis akan meningkat.

·       Rekrutmen dan Onboarding

Adanya fitur rekrutmen memungkinkan Anda untuk mempromosikan lowongan kerja, melacak pelamar hingga mengatur proses seleksi. Lantas, fitur onboarding akan membantu proses pengenalan karyawan baru.

Karyawan baru bisa mendapatkan panduan Langkah-langkah onboarding dan mendapatkan penetapan tugas. Jadi, prosesnya akan berlangsung secara lebih praktis bagi tim HR.

·       Analitik dan Pelaporan Real-time

Ada pula fitur analitik sehingga dapat menganalisis kinerja karyawan, statistik absensi maupun keperluan lain. Pelaporan real-time akan menghadirkan akses pada data maupun laporan yang relevan.

Seperti pelaporan real-time pada umumnya, Anda akan terbantu untuk membuat keputusan. Keputusan terbaik didapatkan dari laporan yang jelas, akurat dan real-time.

b.     Keuntungan

Ada banyak keuntungan jika menggunakan human resources module dari software ERP ini dalam operasional bisnis. Mari menyimak beberapa keuntungannya di bawah ini.

·       Informasi SDM Terpusat

Human resources module menghadirkan informasi sumber daya manusia di perusahaan secara terpusat. Seluruh informasinya bisa Anda dapatkan secara terpusat. Sehingga pengelolaan informasinya jauh lebih praktis.

·       Dapat Melacak Waktu dan Kehadiran

Modul ini juga memberikan layanan pelacakan waktu dan kehadiran melalui Timesheet. Jadi tidak perlu mengandalkan cara manual untuk melacak hal tersebut.

·       Kemudahan Evaluasi Karyawan

Karena berbagai informasi karyawan tersedia pada human resources module, Anda bisa melakukan evaluasi karyawan secara lebih mudah. Tentu ini menjadikan aktivitas terkait human resource menjadi lebih praktis lagi.

·       Kemudahan Proses Perekrutan

Proses perekrutan karyawan baru juga akan berlangsung secara lebih praktis mengandalkan modul dari software ERP ini. Jadi, prosesnya akan terasa lebih mudah daripada cara manual.

·       Mendorong Engagement dan Komunikasi Karyawan

Meskipun tampak sederhana, human resources module juga dapat bermanfaat bagi karyawan. Khususnya membantu mendorong engagement dan komunikasi di antara karyawan.

·       Terintegrasi Modul Lain

Anda dapat mengintegrasikannya dengan modul Odoo lain menyesuaikan keperluan. Misalnya diintegrasikan dengan modul rekrutmen, employee, payroll atau lainnya.

-        Employee

Melalui integrasi employee, bisa mencatat maupun mengelola informasi terkait karyawan. Informasinya bisa berupa data pribadi, riwayat pekerjaan, kontak darurat atau lainnya.

-        Recruitment

Sementara recruitment akan membantu pengelolaan posisi pekerjaan. Termasuk juga publikasi lowongan pekerjaan, pelacakan pelamar dan pengelolaan proses seleksi.

-        Payroll

Payroll berkaitan dengan sistem penggajian. Untuk aturan atau komponen penggajian umumnya disesuaikan kebutuhan perusahaan. Lakukan integrasi dengan modul tersebut untuk mengelola informasi gaji pegawai.

-        Appraisals

Appraisals berkaitan dengan pengelolaan penilaian pegawai, mulai dari menetapkan tujuan, evaluasi, mengirimkan umpan balik sampai melacak pertumbuhan pegawai sepanjang waktu.

6.     Marketing Module (Odoo ERP)

Marketing module memungkinkan Anda untuk melakukan promosi melalui email, survei dan menilai efektivitas promosi. Jadi membantu mengelola pemasaran cukup menggunakan satu platform. Ini dia beberapa keunggulan marketing module.

a.     Integrasi

Jika menggunakan modul ini, Anda bisa mengintegrasikannya dengan modul lainnya. Misalnya saja dengan penjualan, CRM, inventaris atau lainnya. Sehingga pengelolaan termasuk pengoordinasian bisnis berjalan lebih lancar bahkan menguntungkan.

b.     Hemat Biaya

Tidak harus mempekerjakan banyak karyawan untuk pengelolaan beberapa software pemasaran secara terpisah. Cukup gunakan satu platform dengan fitur pemasaran lengkap yang terintegrasi.

c.      Analisis Data Mendalam

Marketing module dari software ERP tersebut membantu menganalisis termasuk mengukur kinerja promosi. Optimalkan strategi pemasaran mengikuti target. Buat pula keputusan secara cerdas.

d.     Penggunaan Mudah

Modulnya mempunyai desain antarmuka intuitif dan mudah digunakan. Meskipun tidak mempunyai latar belakang IT, Anda bisa mempelajari bahkan menguasai platformnya dalam waktu cepat.

Melalui modul tersebut, buat strategi pemasaran menarik. Jadikan proses pemasarannya otomatis, termasuk pelacakan kinerja promosi. Sehingga strategi pemasarannya berlangsung efektif, efisien, lalu tentu saja menguntungkan.

7.     Services Module (Odoo ERP)

Services module memuat beberapa aplikasi di dalamnya, yakni project, timesheets, planning dan lainnya. Ini penjelasan dari sejumlah aplikasi tersebut.

a.     Project

Project akan membantu Anda dalam mengelola project management. Tersedia beragam tampilan seperti Gantt Chart, kalender, grafik, Kanban hingga analisis tabel pivot.

Tersedia juga beragam fitur canggih di dalamnya. Sebut saja fitur tugas, jadwal, kolaborasi tim hingga pelacakan progress. Pengelolaan proyek menjadi lebih efisien. Ini dia beberapa keunggulan modulnya.

·       Tampilan Modern

Salah satu keunggulan Software ERP nya ialah mempunyai tampilan modern. Di masa sekarang, tentu tampilan modern akan terkesan lebih profesional bagi bisnis daripada tampilan klasik.

·       Perencanaan Kebutuhan dan Sumber Daya

Melalui layanan project, Anda dapat merencanakan kebutuhan dan sumber daya yang ada pada perusahaan. Tidak perlu melakukannya secara manual.

·       Informasi Visual

Terkadang, informasi visual juga diperlukan agar data dapat dipahami secara lebih cepat. Project akan membantu menampilkan informasi visual secara lebih fleksibel.

·       Diskusi dan Berbagai Dokumen

Dalam suatu tim, pasti kerap berdiskusi dengan anggota lain, bahkan terkadang harus mengirimkan dokumen, bukan? Anda dapat melakukan keduanya melalui aplikasi project.

·       Tampilan Grafik

Melalui software ERP ini, Anda juga dapat menyajikan tampilan grafik fungsional dan dinamis pada suatu tugas., Jadi, tugasnya bukan hanya disampaikan dalam bentuk tulisan atau teks.

·       Integrasi

Mirip dengan layanan lain, project juga dapat diintegrasikan. Misalnya saja mengintegrasikannya dengan penjualan, faktur, email pemasaran atau tanda tangan.

b.     Timesheet

Setelah layanan project, ada pula layanan timesheet. Timesheet akan membantu menangani penggunaan waktu pegawai maupun costing untuk penghitungan biaya. Anda bisa mengawasi dan mengontrol aktivitas karyawan.

c.      Planning

Planning Odoo ialah aplikasi yang membantu manajemen perencanaan dan penjadwalan. Ada fitur kalender, perencanaan sumber daya hingga tugas terjadwal.

Melalui planning, Anda bisa membuat beragam rencana maupun jadwal penting pada bisnis. Tentu pembuatan jadwalnya akan lebih efisien untuk meraih kesuksesan proyek.

d.     Field Services

Field services memuat beragam fitur, misalnya penugasan terbaru, pelacakan lokasi sampai pelaporan kerusakan. Sehingga bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Layanannya akan lebih efisien lantas pelanggan merasa lebih puas.

e.     Helpdesk

Melalui aplikasi Helpdesk, berikan respons hingga penyelesaian permintaan konsumen secara cepat. Mengingat manajemen tiketnya terorganisir, pelacakan statusnya real-time dan dukungan kolaborasi tim, pengalaman pelanggan akan menjadi lebih baik.

f.      Appointment

Adanya beragam fitur berupa pencatatan tiket, manajemen antrian hingga pembuatan jadwal janji, hadirkan dukungan responsif untuk konsumen. Tingkatkan pengalaman pelanggan cukup mengandalkan software ini.

8.     Productivity Module (Odoo ERP)

Productivity module memuat beberapa aplikasi di dalamnya seperti discuss, calendar, dashcoard hingga notes. Ini dia penjelasan dari masing-masing aplikasinya.

a.     Discuss

Discuss membantu menyediakan wadah untuk berkomunikasi. Jadi, apabila ingin membangun komunikasi dengan anggota tim, cukup mengandalkan platform tersebut.

b.     Calendar

Calendar bermanfaat dalam membuat jadwal meeting karyawan. Tidak harus menandai kalender meja untuk merancang jadwal. Menggunakan platform justru jauh lebih efektif dan efisien.

c.      Dashboard

Dashboard software ERP ini akan membantu merancang sendiri dashboard. Jadi, bisa menciptakan dashboard secara fleksibel sesuai dengan keperluan bisnis atau perusahaan.

d.     Notes

Notes bermanfaat dalam mengelola todo list. Dalam setiap pekerjaan pasti ada tugas dengan deadline tersendiri yang perlu diselesaikan. Todo list akan membantu memantau tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Jadi, beragam modul di atas dapat dipilih oleh perusahaan menyesuaikan kebutuhan bisnis maupun industri. Mengingat keperluan setiap perusahaan maupun bisnis berbeda. Cukup memilih modul sesuai keperluan tanpa harus menerima modul lain yang belum diperlukan.

Ini Dia Keunggulan Odoo Sebagai Software ERP

Aplikasi ini berupaya untuk memenuhi semua keperluan rumit suatu bisnis. Aplikasinya intuitif, mempunyai fitur lengkap, terintegrasi penuh bahkan mudah diupgrade. Ini dia beberapa keunggulan dari perangkat lunak tersebut.

1.     Modular dan Scalable

Modular ialah suatu istilah yang mempunyai kaitan dengan peralatan di mana mempunyai karakteristik bisa dibongkar maupun dipasang secara mudah. Termasuk mengganti suatu bagian dengan unit berbeda namun fungsinya sama.

Modular menjadi karakteristik dari platform ini. Sebab, layanannya beragam sehingga menjadikan pengguna bisa menentukan layanan apa saja yang diperlukan untuk bisnis. Anda mempunyai fleksibilitas mengikuti spesifikasi bisnis perusahaan.

Software ERP ini memuat lebih dari 30 modul utama yang lengkap dan senantiasa diperbarui. Tersedia pula lebih dari 16.000 aplikasi atau plug-in pihak ketiga.

Karena sistemnya modular, Anda boleh memulai dengan subset alat. Lantas, seiring berjalannya waktu menambah modul lain sesuai keperluan. Tidak harus menggunakan seluruh modulnya ketika pertama kali.

Mengingat adanya kemampuan adaptasi dan integrasi penuh, cukup menggunakannya sesuai keperluan. Manfaatkan fleksibilitasnya dengan menambahkan modul baru mengikuti pertumbuhan perusahaan.

Misalnya saja ketika pertama kali menggunakan platform tersebut hanya memilih 2 modul. Lantas, begitu basis pelanggan sudah bertumbuh Anda menambahkan 1 modul lagi.

Jadi, dapat dianggap bahwa Odoo adalah pilihan yang lebih optimal, efektif dan efisien. Khususnya jika perusahaan masih baru berdiri dan belum memerlukan banyak modul untuk operasional bisnis.

Strukturnya yang modular bisa diimplementasikan dalam pendekatan bertahap. Memulai dengan satu modul lantas melanjutkannya dengan kecepatan pertumbuhan perusahaan.

Lantas, sifatnya yang scalable akan menjadikan platformnya bertahan dalam waktu lama. Tidak hanya dapat menggunakannya untuk keperluan bisnis di masa sekarang. Namun bisa menggunakannya untuk bisnis di masa mendatang.

Sebab, aplikasinya ikut bertumbuh Bersama perusahaan. Jadi, tidak perlu berkali-kali beralih ke platform lain setiap perusahaan Anda bertambah besar.

2.     User-Friendly Interface

Software ERP ini menawarkan sistem reporting dalam format yang begitu mudah dipahami oleh pengguna. Kemudahan ini dapat dirasakan pada sistem maupun tampilan aplikasinya.

Tersedia pula fitur export, import hingga transfer data. Anda bisa menggunakannya sesuai keperluan setiap departemen pada perusahaan.

Untuk tampilan aplikasinya juga terbilang ramah pengguna. Halaman utama akan segera menampilkan berbagai pilihan modul. Sehingga tidak akan sulit bagi pengguna untuk mengakses semua modulnya.

Selain itu, UI juga senantiasa ditingkatkan seiring bergantinya versi. Jadi, tampilan dan fungsionalitasnya senantiasa diperbaiki seiring waktu.

3.     Fitur Lengkap

Software open source ini adalah solusi terbaik untuk bisnis apa saja, termasuk organisasi nirlaba maupun pemerintah. Layanannya mudah digunakan, apakah itu pada server maupun cloud.

Keunggulan lain dari platformnya ialah tersedia berbagai fitur. Ada fitur akuntansi, CRM, penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, e-niaga dan lainnya. Anda bebas memilih bahkan menggunakan fiturnya menyesuaikan kebutuhan bisnis.

Fiturnya juga dapat diterapkan pada bisnis di industri apa saja. Sebut saja untuk industri ritel, manufaktur, jasa hingga organisasi pemerintah.

4.     Sumber Terbuka (Open Source)

Odoo mengandalkan konsep open source. Jadi, seluruh datanya dapat dikembangkan maupun digunakan secara terbuka. Menyesuaikan keperluan pengguna atau perusahaan Anda sendiri.

Silahkan saja untuk membangun sendiri aplikasinya. Software engineer juga boleh menelurkan kreativitasnya untuk merancang aplikasinya menyesuaikan keperluan perusahaan.

Manfaat lain dari sifatnya yang open source ialah dapat diakses secara gratis. Anda bisa memilih versi gratis untuk mendapatkan layanan sesuai keperluan.

Sebenarnya pada mulanya hanya tersedia 1 versi, yakni versi Community yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja. Akan tetapi, di penghujung tahun 2015 diluncurkan edisi Enterprise.

Tujuan peluncuran versi Enterprise ialah guna mengoptimalkan manajemen bisnis. Perbedaannya ialah adanya sejumlah fitur tambahan dengan harga khusus untuk setiap modulnya.

Mengingat konsepnya yang open source, Odoo senantiasa dikembangkan oleh banyak developer. Sehingga mampu memenuhi keperluan pelanggan yang juga senantiasa berkembang.

Lantas, apa bedanya platform ERP berlisensi dan open source? Untuk tipe open source jauh lebih terkenal dan banyak diminati oleh perusahaan. Sebab adanya kebebasan, fleksibilitas, hemat dana hingga dukungan komunitas kuat.

Jika dibandingkan dengan platform berlisensi, platform ini adalah solusi terbaik. Khususnya Ketika anggaran Anda terbatas namun ingin memperoleh perangkat lunak berkualitas tinggi.

5.     Kemudahan Integrasi

Biasanya suatu perusahaan memerlukan satu sistem untuk setiap departemen. Tentu saja hal semacam ini sangat tidak praktis. Mengingat setiap sistemnya akan memberikan output berbeda.

Sementara jika mengandalkan software ERP ini, Anda bisa mengintegrasikan suatu sistem yang lebih mudah diakses oleh semua departemen. Setiap departemen bisa mengaksesnya sesuai dengan keperluan datanya.

Mengingat begitu mudahnya integrasi pada perangkat lunak ini termasuk dengan aplikasi pihak ketiga, proses bisnis akan berjalan lebih mulus. Anda dapat menerapkannya pada operasional, manajemen bisnis maupun manajemen keuangan.

Jadi, produktivitas maupun efisiensi bisnis perdagangan bisa ditingkatkan. Hal tersebut juga akan membantu mengurangi waktu yang diperlukan oleh setiap departemen untuk operasi bisnis sehari-hari.

Termasuk juga mendorong peningkatan efisiensi karyawan melalui penurunan pemantauan tugas menggunakan cara manual. Jadi, begitu banyak manfaat dari keunggulan aplikasi tersebut yang bisa diintegrasikan.

Misalnya saja ingin mengintegrasikannya dengan sistem lain untuk proses pembayaran dan pengiriman eksternal. Sebut saja Amazon, eBay, UPS, FedEx hingga QuickBooks.

Coba bayangkan saja jika menggunakan platform lain lantas harus mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga dengan proses panjang. Pasti akan terasa merepotkan dan melelahkan.

6.     Dukungan dan Komunitas yang Kuat

Lantas, bagaimana bisa menggunakan aplikasinya secara lancar? Software ERP tersebut dilengkapi dengan dukungan komunitas yang kuat dan modul ajar lengkap. Lalu, untuk pemasangannya juga tidak terlalu rumit.

Platform ini menyediakan beragam video yang memuat informasi mengenai sistem maupun modul di dalamnya. Jadi, Anda dapat mempelajari sistem maupun modul sebelum menggunakan platformnya.

Komunitas solid pada ekosistem perangkat lunak ini saling membantu. Para developer akan senantiasa mencari bug dan membuat perbaikan. Jadi, menurunkan risiko keamanan dan bug pada programnya.

Anda bisa memperoleh aplikasi baru yang inovatif sebab bantuan para developer. Tidak harus menjadi developer khusus untuk mendapatkan pembaruan Odoo.

Dukungan komunitas bukan hanya bermanfaat untuk pengembangan fitur aplikasinya. Namun juga membantu memberikan layanan keamanan lebih tinggi. Sebab developer bisa menemukan lubang pada kode sumber dan melakukan perbaikan.

Sementara untuk bahasa pemrograman dari platform tersebut mengandalkan bahasa pemrograman phyton. Programmnya diciptakan secara fleksibel dan modular.

Jadi, pada intinya program On Demand Open Object dirancang sehingga berbentuk modular yang fleksibel. Sehingga setiap perusahaan mampu membuat penyesuaian maupun pengembangan sistemnya mengikuti keperluan.

Berbagai jenis perusahaan boleh menggunakan software ERP ini. Mulai dari perusahaan manufaktur, distribusi, e-commerce, R&D, layanan, pemasaran, akuntansi atau lainnya.

Adanya dukungan dari komunitas ini akan lebih mengoptimalkan penggunaan aplikasinya. Sebab bukan hanya pihak On Demand Open Object yang mengembangkan platform namun juga komunitas.

Penambahan fitur maupun perbaikan dari developer bisa memberikan manfaat untuk banyak perusahaan. Mungkin juga termasuk perusahaan Anda.

Coba pertimbangkan betapa bermanfaatnya komunitas online dari platform tersebut. Platformnya senantiasa dimodifikasi mengikuti kebutuhan pengguna dan pembaruan teknologi selalu mutakhir.

Penerapan Odoo di Indonesia untuk Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

Sekarang ini sudah banyak perusahaan di tanah air yang menerapkan Odoo (On Demand Open Object) dalam pengelolaan hubungan pelanggan maupun proses bisnis. Mengingat perangkat lunak tersebut mempunyai sifat open source yang menawarkan beragam fitur.

Seperti sudah disinggung di atas, fiturnya termasuk manajemen kontak, pelacakan penjualan hingga manajemen data produk. Beragam fitur tersebut membantu dalam menghemat waktu maupun sumber daya.

Melalui adanya platform ini, komunikasi antara karyawan maupun dengan pelanggan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga lebih bermanfaat bagi berlangsungnya bisnis.

Tidak berhenti sampai di situ, penerapannya juga membantu perusahaan ketika ingin melacak target penjualan maupun tingkat inventaris. Jadi, menurunkan pelaksanaan tugas secara manual.

Di tanah air, On Demand Open Object termasuk perangkat lunak ERP yang begitu terkenal. Sudah banyak perusahaan menggunakannya sebut saja PT Telkomsel, PT Indofood Sukses Makmur hingga PT Mitra Adiperkasa.

Software ERP tersebut bukan sekedar cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis skala kecil. Namun juga cukup serbaguna dan lengkap bagi perusahaan skala besar.

Selain fiturnya begitu lengkap, tampilan antarmuka yang dimilikinya juga terbilang ramah pengguna. Perusahaan di tanah air dapat memanfaatkan fiturnya seperti manajemen inventaris, manajemen hubungan pelanggan, manajemen keuangan dan lain lain.

Jika tertarik menggunakan platform tersebut, silahkan berkonsultasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahan. Setelah itu, Anda boleh mengembangkan aplikasinya mengikuti pertumbuhan perusahaan.

Setiap perusahaan maupun industri sendiri pasti mempunyai kebutuhan berbeda terkait platform tersebut. Oleh karenanya, perlu dilakukan penyesuaian terlebih dahulu.

Selain itu, tidak perlu merasa ragu untuk menggunakan platformnya. Sebab, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakannya. Jadi, sudah terjamin kualitas maupun manfaatnya.

Kesimpulan Penggunaan Odoo ERP di Indonesia Cocok untuk Beragam Industri

Perangkat lunak open source ini mempunyai begitu banyak fitur utama. Sebut saja akuntansi, manajemen inventaris, SDM, perencanaan produksi, kampanye pemasaran hingga penjualan.

Sifatnya yang open source bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Ini menjadi solusi manajemen bisnis dengan basis cloud, ringan dan modular. Anda bisa memperoleh beragam modul terintegrasi, misalnya saja keuangan, manufaktur, SDM atau lainnya.

Kehadirannya menjadi solusi bagi perusahaan tanpa harus menguasai wawasan pemrograman yang rumit. Jadi, perusahaan skala kecil maupun besar dapat menggunakannya secara mudah dan nyaman.

Software ERP tersebut hadir untuk bisnis pada beragam industri, mulai dari manufaktur, perdagangan, distribusi, grosir, eceran, teknologi hingga jasa. Semua modulnya lengkap sehingga cocok untuk beragam industri.

Sistem aplikasinya juga dapat disesuaikan dengan keperluan perusahaan. Sehingga bukan hanya mudah digunakan, namun juga sesuai dengan preferensi perusahaan. Sudah banyak pula perusahaan di Indonesia menerapkan aplikasi tersebut pada bisnis misalnya saja PT Telkomsel, PT Indofood Sukses Makmur hingga PT Mitra Adiperkasa.

Karakteristik menarik dari aplikasi tersebut bukan hanya bisa disesuaikan. Namun juga mobile-ready. Sehingga bisa membantu operasional bisnis mengandalkan beragam perangkat seperti desktop hingga smartphone.

Setiap perusahaan umumnya membutuhkan perangkat lunak ERP untuk operasional bisnis sehari-hari. Odoo ialah aplikasi ERP open source popular dan cocok untuk perusahaan skala kecil, menengah maupun besar.


di dalam Odoo
Serangkaian Manfaat Aplikasi Stok Barang untuk Kepentingan Bisnis