Prinsip Customer Relationship Management dan Manfaatnya

Customer relationship management merupakan strategi bisnis yang menggabungkan proses manusia dan teknologi. CRM membantu menarik target pasar, mengkonversi konsumen jadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Untuk itu, perusahaan perlu melaksanakan prinsip-prinsip dasar CRM. Sehingga manfaatnya akan dapat dirasakan oleh perusahaan di masa depan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Prinsip Dasar Customer Relationship Management

Prinsip CRM terletak pada keinginan meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan tanpa harus menambah beban biaya serta waktu. CRM adalah solusi praktis serta relevan dalam penerapan investasi teknologi informasi.

Mengacu pada prinsip tersebut, perusahaan memerlukan Key Performance Indicator (KPI) sehingga semua data serta variabel lebih terukur. Perusahaan mendapatkan data akurat mengenai perilaku pelanggan, tingkat kepuasan serta kebutuhannya.

Jika sebuah perusahaan sudah mengenal seperti apa pelanggannya, kebutuhannya, serta tingkat kepuasannya akan mudah mempertahankan loyalitas. Tanpa diminta setiap pelanggan atau konsumen tetap akan membeli produk-produk baru yang ditawarkan.

Manfaat Customer Relationship Management

Manfaat dari CRM cukup luas, tidak hanya meningkatkan pemasaran produk dan jasa supaya bisnis tidak tenggelam di tengah persaingan. Setidaknya ada 5 manfaat pokok dari pelaksanaan CRM untuk perusahaan.

1.     Merangsang Loyalitas Pelanggan

CRM memungkinkan mendapatkan info pelanggan baik melalui website, call center atau tim marketing team serta pelayanan di lapangan. Kemudahan menjangkau informasi ini memudahkan penjualan serta perbaikan layanan.

2.     Membantu Efisiensi Biaya

Manfaat lainnya adalah memudahkan Budget Management dengan lebih baik. Kemudian juga penjualan dan pelayanan lebih murah karena skema program pemasaran lebih spesifik tertuju pada pelanggan dalam waktu serta kondisi yang tepat.

3.     Efisiensi Kegiatan Operasional

Membantu mengatur cashflow, mengurangi risiko penurunan kualitas pelayanan. Contoh: penggunaan call center serta web, keduanya efektif mengurangi hambatan proses administratif, biaya, serta birokrasi.

4.     Meningkatkan Time to Market

Membantu mengumpulkan data trend pembelian dimana informasi pelanggan akan mempercepat produk agar segera masuk ke pasar. Perusahaan juga bisa melakukan sistem branding untuk meningkatkan penjualan.

5.     Meningkatkan Pendapatan

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan keuntungan karena melakukan penjualan secara global melalui website. Tidak lagi diperlukan usaha keras dalam mendukung kegiatan penjualan.

Jadi, menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangat penting bagi perkembangan perusahaan di masa depan. Inilah mengapa setiap bisnis harus melaksanakan praktik customer relationship management secara efektif mengacu pada prinsip dasarnya.


in Odoo
Mengenal Software CRM, Komponen dan Tujuan Penggunaannya