Memahami Apa Itu Stock Opname dan Manfaatnya

Apa itu stock opname? Setiap perusahaan baik kecil maupun besar pasti akan melakukan aktifitas ini. Bisanya dijadwalkan secara berkala dan dilakukan pada setiap bagian yang berkaitan dengan stok.

Misalnya bagian bahan baku, akan melakukan penghitungan stok masing-masing item. Tujuan dari aktifitas ini adalah memastikan bahwa jumlah fisik barang sesuai dengan catatan. Manfaatnya sangat penting bagi perusahaan, berikut penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan stok sebelum dijual. Selama penghitungan, harus dilakukan secara akurat dan biasanya melibatkan lebih dari satu orang. Proses ini semakin efisien karena tidak sepenuhnya dilakukan manual.

Banyak perusahaan mulai menggunakan barcode pada masing-masing item barang. Sehingga proses pencatatannya lebih cepat, efektif dan efisien. Penggunaan barcode juga bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan.

Apa itu stock opname dan kapan dilakukan? Untuk waktu pelaksanaan biasanya mengikuti kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang menerapkan setiap bulan demi menjaga agar tidak terjadi selisih terutama barang fast moving.

Idealnya stok opname dilakukan dalam periode tahunan perkuartal atau triwulan. Pertimbangannya karena aktifitas ini memakan waktu yang tidak sebentar. Selain menghitung, petugas juga harus memeriksa kondisi setiap barang.

Manfaat Pelaksanaan Stock Opname

Apa itu stock opname? Aktifitas pencatatan fisik barang dan mencocokkannya dengan catatan pada sistem perusahaan ternyata memiliki banyak manfaat penting. Perusahaan akan mendapatkan manfaatnya jika dilakukan dengan akurat, berikut diantaranya:

1.     Meminimalisir Penyimpangan Barang

Manfaat pertama adalah meminimalisir penyimpangan barang yang berpotensi menyebabkan penyusutan jumlah atau kelebihan dari permintaan pasar. Jika jumlahnya kurang, sulit memenuhi permintaan sedangkan kondisi berlebih berisiko deadstock.

2.     Mempercepat Penanganan Masalah

Stock opname membantu penanganan masalah lebih cepat. Terutama jika terjadi kekurangan persediaan. Perusahaan bisa segera melakukan pemesanan bahan baku kemudian melakukan produksi.

3.     Sebagai Analisis Stock Barang

Data-data akurat hasil dari analisis akan jadi sumber informasi untuk evaluasi persediaan barang yang akan datang. Hasil analisis juga berguna untuk menjaga kestabilan rantai pasokan.

Manfaat lainnya adalah menghitung barang masuk dan keluar secara akurat serta memastikan kondisinya masih ideal untuk dijual. Dari beragam manfaat ini maka tiap perusahaan wajib menjalankan apa itu stock opname.


di dalam Odoo
7 Prinsip Manajemen Gudang yang Efektif dan Efisien