Mengenal Apa Itu Odoo sebagai Software ERP Open Source

Sudahkah Anda mengenal apa itu Odoo? Di masa sekarang, dunia bisnis memerlukan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) guna mendukung pengelolaan operasional secara efisien. Salah satu solusinya ialah Odoo.

Software ERP ini punya sifat open source dan menghadirkan kebebasan, fleksibilitas, harga murah serta dukungan komunitas kuat. Beragam manfaat ini juga lebih diminati oleh perusahaan dibandingkan software lain terutama dengan sifat lisensi.

Ada banyak fitur tersedia di dalamnya dan Anda dapat menyesuaikannya dengan keperluan bisnis serta industri. Integrasikan juga dengan aplikasi pihak ketiga guna menghadirkan efisiensi bagi operasional perusahaan, manajemen bisnis maupun manajemen keuangan.

Mengenal Apa Itu Odoo sebagai Software ERP

Sebelumnya ERP ialah bentuk singkat dari Enterprise Resource Planning. Yakni aplikasi yang membantu otomatisasi proses bisnis dengan menyatukan orang, proses dan teknologi pada suatu perusahaan.

Odoo ialah software dengan kegunaan pengelolaan proses bisnis sehingga lebih optimal dan efisien. Mungkin Anda pernah mendengarnya dengan nama OpenERP.

Apabila ingin mengenal apa itu Odoo, pahami dahulu bahwa ini adalah singkatan dari On Demand Open Object. Pengembangnya ialah Fabien Pinckaers dan dilakukan ketika tahun 2005.

Sekarang ini software ERP sudah semakin berkembang hingga mencakup 30 aplikasi bisnis terintegrasi. Anda bisa mendapatkan modul CRM, e-Commerce, akuntansi, inventaris, manajemen proyek dan lain lain.

Selain ada 30 modul utama yang senantiasa diperbarui, tersedia juga 16.000 plug-in pihak ketiga. Jadi, pengguna boleh memulainya dengan subset alat lantas menambahkan modul sesuai keperluan.

Pengembangannya mengandalkan bahasa pemrograman phyton. Fokusnya ialah supaya perusahaan dapat memanfaatkannya secara fleksibel dan modular menyesuaikan keperluan. Apa saja jenis bisnis atau industri, bisa memakai software ERP ini.

Software ERP tersebut juga tersedia dalam bentuk cloud dan cocok untuk bisnis skala kecil, menengah maupun perusahaan besar. Mengingat sifatnya open source, maka bisa menggunakan dan meningkatkannya mengikuti perkembangan bisnis.

Lalu untuk bentuk aplikasinya dapat dipakai dalam beragam jenis perangkat. Misalnya saja web, desktop sampai mobile. Jadi sangat mendukung efisiensi dan optimalisasi bisnis.

Aplikasi ini begitu populer dan sudah diunduh oleh banyak perusahaan dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Anda bisa menganggapnya sebagai solusi open source paling terkenal di dunia.

Setiap bisnis akan lebih baik jika menerapkan ERP untuk operasional. Misalnya dengan memulai mengenal apa itu Odoo dan memanfaatkan modulnya sesuai keperluan.


di dalam Odoo
Keunggulan Software ERP Open Source Odoo Perlu Diketahui