Warehouse Management System Adalah, Konsep dan Keuntungannya

Warehouse management system adalah suatu poin penting dalam operasional pergudangan. WMS memiliki peran utama dalam supply chain. Tujuan penerapannya adalah mengontrol proses pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan.

Saat ini WMS sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti barcode scanner, email, dan sebagainya. Sistem yang sudah terkomputerisasi ini dapat bekerja secara otomatis dan efisien mengikuti konsep dasarnya.

Konsep Warehouse Management System Adalah

Terdapat beberapa konsep WMS yang bisa diterapkan. Pertama adalah First In First Out (FIFO), yaitu barang pertama masuk jadi pertama kali keluar atau yang pertama kali antre dilayani lebih dulu.

Konsep kedua adalah Last In First Out (LIFO), artinya barang terakhir masuk jadi yang pertama kali keluar. Contohnya pasir, di mana bagian atas diambil terlebih dulu. Konsep ini biasa diterapkan dengan tujuan untuk efisiensi tenaga dan untuk barang yang tidak kadaluarsa.

Konsep ketiga warehouse management system adalah First Expired First Out (FEFO), yaitu barang yang cepat kadaluarsa harus pertama kali keluar. Contohnya makanan, minuman, obat-obatan, suplemen, skincare, kosmetik dan sejenisnya.

Inilah mengapa WMS menggunakan barcode untuk mengidentifikasi barang yang sudah terintegrasi di seluruh cabang. Tujuan utamanya untuk memastikan setiap konsep di atas berjalan sesuai dengan jenis produknya sehingga tidak ada barang tertinggal.

Keuntungan Warehouse Management System

Penerapan WMS sesuai konsep yang efektif sangat membantu kinerja pergudangan. Efisien dalam hal waktu kerja, tenaga serta biaya. Berikut keuntungan yang akan didapatkan perusahaan Anda.

1.     Kecepatan Handling Proses

Keuntungan pertama warehouse management system adalah kecepatan handling proses. Sistem ini dapat meningkat kecepatan lead time proses dengan akurasi tinggi karena sudah terkomputerisasi.

2.     Memudahkan Pengaturan Waktu Penyimpanan

Mempermudah pengaturan lokasi penyimpanan barang secara lebih optimal. Setiap jumlah barang masuk lebih mudah diatur sistem penyimpanannya menggunakan alat pada sistem.

3.     Efisiensi Anggaran Gaji

Membantu perusahaan meminimalisir anggaran gaji karyawan di bagian pergudangan. Sebab pekerjaan makin ringan dengan pemanfaatan sistem terintegrasi dengan komputer di tiap cabang.

4.     Menghemat Pembelian Peralatan

Cukup menggunakan komputer atau laptop tanpa perlu peralatan manual. Perusahaan tidak lagi perlu membeli alat-alat manual dalam jumlah banyak, jadi sangat hemat biasa operasional gudang.

Penerapan sistem canggih ini secara efektif juga meningkatkan produktifitas karyawan. Dengan kata lain warehouse management system adalah sistem komputerisasi yang memudahkan pekerjaan karyawan.


di dalam Odoo
Penjelasan Seputar Safety Stock Adalah dan Cara Menghitungnya