4 Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Makanan

Sebagai pebisnis Anda wajib tahu cara menghitung harga pokok produksi. HPP pada intinya adalah harga jual dikurangi biaya bahan dan tenaga kerja untuk membuatnya. Ini merupakan kunci menentukan keuntungan.

Menghitung harga pokok cukup mudah. Rumusnya adalah sebagai berikut: kebutuhan bahan baku + biaya tenaga kerja + overhead pabrik. Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

4 Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Makanan

Mengetahui harga pokok produksi sangat penting karena berkaitan langsung terhadap keuntungan penjualan Anda. Jika salah perhitungan, penentuannya juga pasti salah, Anda bisa rugi. Supaya tepat, ikuti langkah berikut ini.

1.     Tentukan Biaya Bahan Baku

Cara menghitung harga pokok produksi yang pertama adalah menentukan kebutuhan bahan baku. Identifikasi semua bahan baku untuk produksi makanan. Tulis daftarnya beserta jumlah yang dibutuhkan setiap item.

Hitung biaya per unit bahan bakunya (contoh, harga per kilogram, liter, atau item). Selanjutnya kalikan biaya per unit tersebut dengan jumlah kebutuhan setiap bahan baku. Setelah itu jumlahkan semua untuk mendapatkan nilai total biaya bahan baku.

2.     Tambahkan Biaya Tenaga Kerja

Cara menghitung harga pokok produksi pada makanan selanjutnya adalah menentukan biaya tenaga kerja secara keseluruhan. Hitung jumlah tenaga akerja yang terlibat pada proses produksi.

Termasuk pos untuk upah, gaji, serta kebutuhan kontrak pekerja. Jika ada lebih dari satu pekerja baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, jumlahkan seluruhnya.

3.     Hitung Biaya Overhead

Poin ketiga ini meliputi semua kebutuhan tidak langsung yang berterkait dengan produksi makanan. Seperti sewa tempat, listrik, air, peralatan dapur, hingga keperluan pemeliharaan. Tentukan perkiraan totalnya dalam periode produksi yang relevan.

Anda juga perlu menambahkan kebutuhan kemasan, label, promosi sampai pemasaran. Ini juga termasuk dalam cost yang harus diperhitungkan. Sekecil apapun yang dikeluarkan perlu dimasukkan dalam perhitungan.

4.     Total Cost

Dari ketiga poin di atas didapatkan total cost. Selanjutnya, lakukan pembagian cost tersebut dengan jumlah unit yang dihasilkan. Jadi Anda juga perlu menghitung jumlah yang dihasilkan dari proses pembuatan makanan tersebut.

Dari hasil perhitungan, Anda masih bisa mengambil keuntungan dengan menentukan margin. Penentuannya bebas selama tidak berlebihan yang penting lebih tinggi dari hasil cara menghitung harga pokok produksi di atas.


in Odoo
Prinsip Customer Relationship Management dan Manfaatnya