Komponen Penting Harga Pokok Produksi dan Manfaatnya

Unsur penting harga pokok produksi menjadi landasan perusahaan berjalan dengan sehat dan baik. Untuk menghitung HPP ini membutuhkan berbagai prosedur tepat dan penerapan berbagai unsur akurat untuk membantu mendapatkan data yang dibutuhkan.

Mengetahui HPP secara tepat membantu perusahaan menentukan harga jual untuk bisa bersaing di pasaran. Penentuan nilai jual ke tangan konsumen tentu harus terkesan ekonomis, tetapi tetap menguntungkan bagi pelaku bisnisnya. Untuk mengetahui apa saja komponen penting HPP, simak penjelasan berikut ini.

Komponen Penting Harga Pokok Produksi

HPP memiliki tiga komponen penting, diantaranya biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Biaya bahan baku langsung meliputi empat hal, yakni jumlah bahan baku, modal, sisa bahan baku setelah produksi, dan kebutuhan bahan bakunya.

Sementara biaya tenaga kerja secara jelas merupakan alokasi upah yang diberikan untuk seluruh karyawan. Pemberian upah ini tentunya beragam dan perusahaan harus mengatur besaran upah tersebut secara adil sesuai tugas serta tanggung jawab pekerja.

Ada juga komponen biaya overhead pabrik yang menjangkau lebih banyak aspek terkait pengembangan pabrik. Yang meliputi hal ini adalah biaya pengadaan, pemeliharaan alat dan barang, dana manajemen, juga termasuk ke dalam akuntansi perusahaan.

Manfaat dari Penerapan HPP yang Perlu Diketahui

Berdasarkan keterlibatan tiga komponen di atas, ada berbagai manfaat atau tujuan yang hendak diraih oleh perusahaan. Manfaat atau tujuan penerapan harga pokok produksi tentunya untuk menentukan harga penjualan produk di pasaran.

Melalui perhitungan HPP secara tepat, perusahaan juga dapat melakukan kontrol secara real time dengan akurat. Dengan begitu maka lebih mudah lagi mengetahui laporan laba rugi sehingga perusahaan dapat mengatur arus kas secara lebih sehat.

Manfaat lainnya lagi dapat memperhitungkan biaya pokok persediaan barang jadi untuk menjamin stok barang tetap aman. HPP bukan hanya menyangkut penentuan nilai jual, tetapi seluruh aspek yang mempengaruhi keuntungan dalam berbisnis.

Perhitungan HPP membutuhkan pengetahuan dan keahlian tenaga kerja secara profesional. Semakin tepat teori dan praktik terkait penerapan harga pokok produksi maka semakin sehat dan untung juga perusahaan untuk unggul di antara para kompetitor sejenis.


in Odoo
Cara Menghitung Safety Stock yang Benar dalam Berbisnis