Finance Module (Odoo ERP): Modul Penting dan Keunggulannya

Finance module (Odoo ERP) memberikan banyak manfaat yang secara efektif dan efisien membantu sistem akuntansi perusahaan. Tidak harus memiliki SDM berkompeten dalam bidang ini, Anda yang baru memulai bisnis bisa memiliki sistem terintegrasi dan berkualitas.

Software ERP ini dibekali dengan dua macam modul terkait bidang finance yaitu Invoicing & Payment dan Accounting. Berikut penjelasan singkat mengenai modul tersebut beserta keunggulannya.

Keunggulan dari Finance Module (Odoo ERP)

Kategori finance Odoo ERP menawarkan kemudahan pengelolaan terkait penagihan, pembayaran serta sistem akuntansi. Modul atau fitur pertama adalah Invoicing & Payments yang khusus mengelola penagihan serta penerimaan pembayaran dari konsumen.

Karena sistemnya berjalan secara otomatis, penagihan dapat berjalan secara tepat dan akurat. Begitu juga dengan sistem penerimaan pembayaran dari konsumen, adanya risiko selisih dapat dihindari secara efektif.

Finance module (Odoo ERP) juga memiliki fitur Accounting yaitu suatu aplikasi yang dapat mengerjakan proses-proses akuntansi. Meliputi pencatatan bukti transaksi, pelaporan keuangan, pembuatan neraca saldo dan sebagainya.

Sistem akuntansi dari Odoo ini sendiri menawarkan berbagai keunggulan. Pertama, adanya fungsi e-faktur yang dapat melokalisasi penghitungan pajak sesuai peraturan perundang-undangan. Fitur ini sangat berguna bagi perusahaan berskala besar.

Dengan adanya fitur ini perusahaan bisa melakukan setting invoice faktur dan nomor seri faktur pajak dari kantor pajak. Sistem ini membantu proses export file ke aplikasi e-faktur DJP secara cepat dan akurat.

Keunggulan selanjutnya adalah jaminan keamanan pembayaran tagihan. Fitur Invoicing & Payments memungkinkan penggunaan metode pembayaran bisa lebih cepat mengikuti keinginan klien.

Perusahaan juga dengan mudah dapat mencocokkan laporan bank dengan pencatatan keuangan. Proses pencocokan faktur dengan rekening koran perusahaan juga jadi lebih mudah, cepat dengan hasil akurat.

Modul ini juga menawarkan keunggulan dalam fungsi pelaporan keuangan perusahaan. Akses keuangan bisnis Anda dapat dilakukan secara real-time mulai dari pendapatan hingga arus kas dan dijamin keakuratannya.

Modul ini juga sudah terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi lainnya. Termasuk integrasi dengan semua transaksi e-commerce pada akun perusahaan. Mulai dari proses penjualan, pembayaran, refund, hingga pengiriman barang bisa dipantau dari finance module (Odoo ERP).


di dalam Odoo
Sales Module (Odoo ERP) dan Keuntungannya Bagi Perusahaan