Inventory and Manufacturing Module (Odoo ERP) dan Fiturnya

Inventory and manufacturing module (Odoo ERP) adalah salah satu modul yang memberikan solusi lengkap pengelolaan proses produksi. Perusahaan jadi mudah melakukan perencanaan dan desain produk sampai dengan pelaksanaan manufaktur serta kontrol kualitas.

Odoo ERP sendiri memiliki desain modular unggul yang memungkinkan bisnis hanya menginstal yang dibutuhkan. Jadi dari banyaknya modul tiap kategori Anda bisa memilih mana paling sesuai kebutuhan, seperti kategori inventory dan manufacturing di bawah ini.

Macam Fitur Inventory and Manufacturing Module (Odoo ERP)

Kategori ini bisa dibagi dalam dua modul utama yaitu inventory dan manufacturing. Untuk kategori inventory sendiri ada 4 fitur utama yaitu Inventory, purchase, repairs dan barcode.

Inventory merupakan fitur atau aplikasi untuk membantu proses manajemen stok dan aktifitas logistic. Purchase adalah aplikasi pesanan pembelian atau purchase order, proses lelang serta berbagai perjanjian.

Kemudian fitur repairs pada inventory and manufacturing module (Odoo ERP) merupakan aplikasi untuk membantu manajemen perbaikan produk apabila terjadi kerusakan. Fitur keempat yaitu barcode menyediakan fasilitas scanner untuk keperluan gudang.

Kategori Manufacturing menawarkan lima aplikasi penting yaitu MRP (Manufacturing Resource Planning), Manufacturing Order & BOM (Bills of Material), Maintenance, Quality serta PLM (Product Lifecycle Management).

MRP merupakan aplikasi yang membantu proses pengelolaan sumber daya manufacturing. Manufacturing Orders & BOM bermanfaat dalam proses pengelolaan produksi serta komposisi barang hasil produksi.

Maintenance memiliki fungsi membantu proses pemeliharaan mesin-mesin produksi secara efektif dan efisien. Fitur Quality memungkinkan perusahaan mengelola kualitas manufaktur secara optimal.

Sementara fitur PLM (Product Lifecycle Management) merupakan fasilitas yang membantu perusahaan mengelola siklus produk. Fitur ini meminimalisir membantu sirkulasi produk dengan lebih baik sehingga mengurangi risiko produk tidak laku terjual.

Secara umum setiap modul atau aplikasi pada kategori ini memberikan manfaat termasuk kemampuan dalam melacak produksi, mengelola inventaris, dan kontrol kualitas. Modul juga berfungsi sebagai alat analisis biaya dan pengembangan produk.

Perusahaan dapat terbantu dalam upaya merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan laba. Melakukan pelacakan semua aspek produksi baik bahan mentah, jadi produk, sampai kebutuhan biaya tenaga kerja.

Penjadwalan produksi serta pemenuhan tenggat waktunya juga lebih mudah dibuat oleh perusahaan. Bahkan Inventory and Manufacturing Module (Odoo ERP) menyediakan alat yang lengkap untuk membantu analisis biaya serta pengembangan produk.


di dalam Odoo
Finance Module (Odoo ERP): Modul Penting dan Keunggulannya